Pasang

Cara Membuat Dodol Gula Merah Khas Madura

  • Bagikan
Cara Membuat Dodol Gula Merah Khas Madura
Dodol gula merah selesai dimasak siap dihidangkan (Foto: dapurzahra.com)

KULINER, SINERGI MADURADodol gula merah merupakan jajanan khas Madura yang memiliki citarasa begitu manis dan kenyal di mulut. Bagi Anda penyuka makanan yang manis-manis, jajanan ini sangat cocok sekali dengan selera Anda.

Dodol ini sangat digandrungi oleh setiap kalangan masyarakat di Madura. Sebab, selain memiliki rasa yang khas, jajanan ini juga memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak perlu khawatir tenggorokan tersedak.

Pasang

Di Madura, pada zaman dulu jajanan ini sangat mudah dijumpai di berbagai daerah khususnya di pasar-pasar tradisional. Kala itu, dodol gula merah menjadi jajanan primadona karena sangat pas di lidah orang Madura.

Dodol gula merah waktu itu juga bisa dijumpai di setiap acara keluarga masyarakat Madura. Karena dodol gula merah merupakan salah satu jajanan yang wajib ada dalam acara keluarga.

Namun, seiring berjalannya waktu, sudah mulai banyak masyarakat Madura yang tidak lagi memproduksi jajanan tersebut baik untuk dijual atau hanya sekedar dimakan sendiri.

Jika Anda salah satu dari penyuka jajanan ini, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa mencicipi lagi. Karena Mimin akan berbagi ilmu bagaimana cara membuat dodol gula merah dan apa saja bahannya.

Baca Juga: Sejarah Mistis Nasi Pocong di Sumenep Madura

Berikut cara membuat dodol gula merah, dilansir dari berbagai sumber:

Bahan-bahan

Bahan yang diperlukan untuk membuat Dodol khas Madura ini antara lain beras tiga kilogram, beras ketan seperempat kilogram, gula merah tiga kilogram, kelapa sepuluh buah berukuran sedang diambil santan kentalnya.

Cara membuat:

1. Campurkan beras dan beras ketan, basuh hingga bersih, tiriskan, kemudian giling hingga menjadi tepung.

2. Kupas kulit buah kelapa kemudian basuh hingga bersih. Ketika akan menggiling beras, sebaiknya kelapa digiling juga agar pekerjaan menjadi lebih cepat.

3. Peras kelapa dan ambil santan kentalnya.

4. Campurkan semua bahan (tepung, gula dan santan) aduk rata. Agar tepung tidak menggumpal, masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk.

5. Masak di atas api sedang. Sambil dimasak, harus terus diaduk agar dodol tidak menimbulkan kerak. Memasak dodol membutuhkan waktu kurang lebih 4-5 jam hingga Dodol menimbulkan minyak.

6. Jika sudah matang, tuangkan dodol pada nampan segi empat, ratakan dengan tangan. Dodol siap dinikmati. Dodol gula merah ini biasanya akan bertahan hingga 3 hari. Semakin keluar minyak santan saat dimasak, semakin lama waktu bertahannya dodol.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *