Pasang

Cara Mudah Atasi Susah Tidur Versi Warga Madura

  • Bagikan
Cara Mudah Atasi Susah Tidur Versi Warga Madura
Ilustrasi tidur nyenyak (Foto: Istimewa)

TIPS, SINERGI MADURASusah tidur pasti dialami oleh manusia. Hal ini disebabkan kerja otak yang diforsir.

Istirahat atau tidur yang cukup sangat diperlukan untuk menyambut esok hari saat akan beraktivitas kembali.

Pasang

Nah, bagi Orang Madura khususnya di daerah pedesaan untuk bisa tidur teratur itu tidak begitu diutamakan, sebab rata-rata mereka tidurnya larut malam.

Hal itu disebabkan karena mereka sudah terbiasa melakukan pekerjaan setiap hari dan setiap malam, sehingga untuk bisa tidur mereka merasa kesulitan.

Sebenarnya terdapat beberapa tips agar tidak kesulitan tidur. Diantaranya, istirahat tepat waktu dan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Selain itu, bagi sebagian masyarakat Madura yang hidup di perkotaan khususnya sudah terbiasa menjaga pola tidur.

Berikut tips atasi susah tidur dirangkum dari berbagai sumber:

1. Turunkan suhu udara dalam kamar
Suhu tubuh akan berubah saat kalian tertidur, sehingga hindari udara kamar yang terlalu hangat atau panas, sebab hal itu akan membuat sulit tidur. Untuk bisa nyaman tidur dibutuhkan suhu udara kamar sekitar 15-23 derajat celcius.

2. Perhatikan asupan makanan sebelum tidur
Makanan akan memengaruhi kualitas tidur,  maka hindari makanan saat malam yang tinggi karbohidrat karena membuat sulit tertidur. Setidaknya harus memakannya empat jam sebelum tidur.

3. Mendengarkan musik santai
Musik dapat membuat kalian cepat tidur, dengan ketentuan tidak terlalu nyaring, dianjurkan mendengarkan musik instrumental yang lembut dan bisa menenangkan hati.

4. Matikan semua perangkat elektronik atau lampu
Saat kalian menggunakan elektronik (handphone) dimalam hari hal ini dapat membuat susah tidur, biasanya hal ini terjadi pada kaum muda saat ini. Jadi disarankan untuk mematikan dulu agar cepat tidur.

Namun bagi mereka yang rata-rata pekerja malam, saat mau tidur hendaklah mematikan lampu, sebab pencahayaan lampu akan membuat kalian susah tidur. Jadi disarankan untuk mematikan lampu dalu ya?

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *