Pasang

Cara Obati Radang Amandel Tanpa Harus Ke Dokter

  • Bagikan
Radang Amandel
Radang Amandel (Foto: Alodokter)

TIPS, SINERGI MADURA –  Radang amandel, umumnya dialami oleh anak-anak, berupa dua kelenjar kecil yang terdapat didalam tenggorokan.

Kegunaan organ tersebut sebagai pencegah infeksi, namun seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh pun semakin kuat dan akan membesar.

Pasang

Umumnya, gejala radang amandel muncul dalam jangka waktu 3-4 hari dengan meliputi gejala-gejala mual, batuk, timblunya sakit kepala, demam dan sakit tenggorokan.

Hal itu, berdasarkan ahli medis, disebabkan oleh adanya virus, namun tak menutup kemungkinan juga bisa disebabkan oleh bakteri kecil.

Gejala radang amandel, tidak ada obat khusus untuk menanganinya, akan tetapi bisa meredakan gejalanya dengan menggunakan obat pereda rasa sakit yang dijual di apotek.

Baca juga: Selain Menurunkan Risiko Kangker, Ini Manfaat Jeruk Nipis

Selain itu, kalian bisa menggunakan cara alami untuk mengobatinya, sebagaimana yang dirangkum sinergimadura dari berbagai sumber, antara lain:

1. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat dicampur garam dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan nyeri yang disebabkan oleh tonsilitis.

Campuran ini juga dapat mengurangi peradangan, dan bahkan dapat membantu mengobati infeksi.

Cara membuatnya, aduk sekitar ½ sendok teh garam dalam segelas air hangat. Aduk sampai garam larut dalam air.

Kemudian, berkumurlah selama beberapa detik, kemudian keluarkan. Setelahnya, Anda bisa bilas dengan air biasa. Cara ini juga bisa dilakukan anak yang berusia lebih tua.

2. Teh hangat dengan madu
Cara mengobati amandel secara alami yang kedua adalah dengan minuman hangat seperti teh juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat tonsilitis.

Madu yang ditambahkan dengan teh memiliki sifat antibakteri yang kuat dan dapat membantu mengobati infeksi yang menyebabkan tonsilitis.

Minumlah teh hangat, hindari yang terlalu panas. Lalu, aduk madu sampai larut. Teh tertentu dapat memperkuat khasiat obat amandel alami ini.

Teh jahe misalnya, yang merupakan anti radang yang kuat, seperti teh adas, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan.

3. Humidifiers
Humidifiers dapat membantu meringankan sakit tenggorokan jika udara kering, atau ketika mengalami mulut kering akibat tonsilitis. Udara yang kering dapat mengiritasi tenggorokan.

Humidifiers dapat membantu menenangkan ketidaknyamanan di tenggorokan dan amandel dengan menambahkan kelembapan di udara.

Tetap gunakan humidifier sesuai kebutuhan, terutama ketika tidur di malam hari, hingga radang amandel mereda. Hal ini juga bisa membantu meredakan anak yang sedang radang.

Setelah melakukan cara mengobati amandel secara alami, perhatikan responnya. Ada gejala tertentu yang menunjukkan bahwa mungkin perlu menemui dokter untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Beberapa jenis infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi amandel, seperti radang tenggorokan, memerlukan resep antibiotik untuk pengobatan.

Kunjungi dokter segera jika Anda menemukan gejala berikut:

1. Demam
Sakit tenggorokan, atau gatal yang terus menerus dan tidak hilang dalam 24 hingga 48 jam.

2. Sakit saat menelan
Jika dialami oleh anak, waspada jika ia tak berhenti menangis atau rewel

3. Adanya pembengkakkan pada kelenjar getah bening

(*Anto/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *