Pasang

Cara Obati Sakit Gigi ala Orang Madura

  • Bagikan
Ilustrasi sakit gigi
Ilustrasi sakit gigi (Foto: halosehat.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Sakit gigi lumrah dialami setiap manusia. Solusi terbaik saat hal ini terjadi adalah berobat ke dokter agar diberikan obat pereda nyeri.

Ada banyak hal yang jadi penyebab sakit gigi, mulai dari gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, atau gangguan pada persendian rahang.

Pasang

Biasanya ngilu yang dirasakan bagi orang sakit gigi tidak hanya membuat susah makan dan minum tapi juga sampai merambat ke kepala.

Karena itu, Anda perlu mencari cara untuk mengobati sakit gigi yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara lain ini dapat meredakan rasa nyeri di gigi sebelum Anda pergi ke dokter gigi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut berbagai cara mengobati sakit gigi alami ala orang Madura yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah langkah pertolongan pertama sebelum Anda pergi ke dokter gigi.

Cara tersebut dapat membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di antara sela-sela lubang pada gigi.

Diketahui, garam bersifat menyerap air, sehingga efektif untuk membunuh bakteri jahat di dalam mulut.

Oleh sebab itu, berkumur air garam dapat membantu meringankan rasa sakit gigi serta meredakan bengkak pada gusi. Cara mengobati sakit gigi tradisional ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka di area mulut.

Baca Juga: Ritual Meratakan Gigi bagi Calon Pengantin Perempuan Madura

2. Daun Jambu Merah

Merangkum berbagai penelitian, daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, serta pereda nyeri (analgesik), sehingga hal itu bisa jadi cara mengobati sakit gigi di rumah.

Daun yang banyak ditemukan di Madura ini juga dilaporkan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis.

Bahkan disebutkan juga dalam sebuah penelitian dari Filipina dan Kamerun, daun jambu merah juga terbukti ampuh untuk mengobati sariawan.

3. Bawang Putih

Bawang putih sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk sakit gigi. Rempah-rempah untuk bumbu ini bekerja meredakan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Cara obat tradisional ini sangat mudah, Anda harus mengunyah bawang putih mentah di sisi mulut yang giginya nyeri. Ini dilakukan selama beberapa menit. Maka nyeri yang dirasakan pada gigi akan reda.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *