Pasang

Cara Tubuh Tetap Sehat saat Akhir Pekan

  • Bagikan
Ilustrasi sedang mengepel di rumah
Ilustrasi sedang mengepel di rumah (Foto: klikdokter)

LIFESYLE, SINERGI MADURA – Hari libur merupakan salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu setelah menjalani banyak pekerjaan selama seminggu.

Di hari libur atau weekend banyak orang sering memanfaatkan akhir pekan untuk refreshing atau berlibur  dengan tujuan agar bisa kembali bersemangat ketika kembali kepada pekerjaan.

Pasang

Namun, alangkah lebih baiknya kita bisa melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat tanpa harus ke luar rumah, mengingat saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Dengan begitu, hari libur bisa kita lakukan di rumah yaitu dengan berolahraga yakni tidak perlu melakukan olahraga di luar rumah, misalnya bersepeda maupun yang lainnya.

Perlu kita sadari bahwa tidak hanya berwisata yang bisa merefresh pikiran namun olahraga juga bisa memberikan manfaat yang sama.

Olahraga tidak hanya menyehatkan secara fisik, tetapi juga menyehatkan secara mental, jika kita rutin melakukannya maka bisa menghilangkan stres serta pikiran lebih tenang.

Nah, salah satu olahraga yang bisa kita lakukan secara rutin dan sederhana di rumah, seperti membereskan rumah, menyapu dan mengepel.

Hal itu membuat seluruh anggota tubuh bisa bergerak, selain badan lebih terasa segar dan sehat rumahpun akan menjadi lebih bersih.

Lantas membereskan rumah termasuk berolahraga? yuk simak penjelasannya.

Olahraga merupakan semua kegiatan jasmani yang di landasi semangat untuk melelahkan diri sendiri agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.

Jadi, segala macam kegiatan yang dapat melatih kekuatan tubuh yang di lakukan secara sengaja dapat di kategorikan sebagai olahraga.

Baca juga: 10 Tips Berolahraga bagi Pemula

Sehingga kegiatan membereskan atau membersihkan rumah pun termasuk olahraga, apabila memenuhi ketentuannya sebagai berikut:

1. Dilakukan lebih dari 30 menit
Syarat suatu kegiatan di kategorikan ke dalam olahraga yaitu ketika dapat membuat rasa lelah.

Misalnya ketika menyapu dilakukan hanya sebentar saja pastinya tidak membuat seseorang kelelahan dan mengeluarkan keringat.

2. Memfokuskan pada otot-otot tertentu
Kegiatan seperti menyapu dan mengepel akan membuat seluruh anggota badan bergerak bersamaan.

Maka agar kegiatan bersih-bersih dapat dikategorikan dalam olahraga coba lakukan kegiatan yang memfokuskan pada otot-otot tertentu, misalnya ketika mengelap meja atau kaca jendela coba fokuskan untuk melatih otot-otot lengan.

3. Dilakukan secara terprogram
Syarat berikutnya yang harus terpenuhi yaitu terprogram. Serangkaian kegiatan fisik yang dilakukan secara baik, benar, terukur dan teratur akan kurang lengkap apabila tidak terprogram.

Dengan program yang sudah ditetapkan segala usaha dan upaya yang dilakukan dengan fokus maka hasilny akan maksimal.

(*Nia/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Tips Weekend Sehat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *