Coba Fitur Keamanan Baru WhatsApp, Tidak Perlu Lagi Pakai Fingerprint

Coba Fitur Keamanan Baru WhatsApp, Tidak Perlu Lagi Pakai Fingerprint
Ilustrasi WhatsApp (Istimewa)

INTERNASIONAL, SINERGI MADURA - Setelah meluncurkan fitur fingerprint (pemindai sidik jari), WhatsApp kembali melalukan inovasi baru untuk memanjakan para pengguna agar terhindar dari hackers atau para usil di dunia maya.

Salah satu platform media sosial dengan puluhan juta pengguna di Indonesia ini dalam waktu dekat akan meluncurkan fitur sensor wajah atau sensor biometrik untuk dapat membuka aplikasi. Selain akan lebih mendukung keamanan akun, 
fitur ini juga menawarkan penggunaan yang cukup mudah.

Fitur ini dikenal dengan istilah biometrik lock, fitur yang hampir mirip dengan FaceID yang ada di teknologi Apple untuk sejumlah perangkat iPhone. Dengan mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi beta 2.20.203.3 lewat Google Play Beta Program, secara otomatis WhatsApp di layar handphone Anda akan terbuka dengan sendirinya.

Baca Juga: Cara Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenhub RI Terapkan Teknik Membatik

Penemu fitur ini adalah WABetaInfo yang secara khusus bergelut dalam pengembangan aplikasi WhatsApp. Mereka menemukan 'Biometrik Lock' pada pengaturan privasi sebagai opsi pengganti dari 'Fingerprint Lock'.

"Saat diaktifkan, Anda dapat menggunakan sidik jari, wajah atau pengenal unik lainnya untuk membuka WhatsApp," tulis WABetaInfo dalam Techradar.com, sebagaimana dikutip oleh cnbcindonesia.com, Rabu (28/10/2020). 

Setelah melakukan update ke WhatsApp versi terbaru, beta 2.20.203.3, bahkan pengguna dapat menerima panggilan langsung kendati aplikasi di handphone kita sedang dalam keadaan terkunci.

"Anda masih bisa menjawab panggilan jika WhatsApp terkunci," katanya. (rf/md/fd)


(*)