Cuaca Ekstrem Diperkirakan Landa Jatim Pekan Ini

Cuaca Ekstrem Diperkirakan Landa Jatim Pekan Ini
FOTO: Ilustrasi

SUMENEP, SINERGI MADURA - Sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Timur, diprediksi akan dilanda cuaca ekstrem selama kurun waktu sekitar satu pekan ke depan.

Cuaca ekstrem tersebut seperti hujan es, puting beliung, hujan lebat, dan angin kencang sesaat dari awan Comulonimbus atau awan vertikal yang menjulang tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya.

Berdasarkan Press Release yang diterima media ini dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo tertanggal 6/4/2021 menyebutkan, terdapat beberapa gangguan atmosfer saat Jawa Timur memasuki musim pancaroba atau peralihan musim.

Aktifnya pola tekanan rendah yang terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat lebih dari 26.5 derajat celcius atau biasa disebut dengan Siklon Tropis Seroja.

Seperti terbentuknya palung tekanan rendah memanjang di selatan Indonesia dari arah barat ke timur yang menyebabkan adanya konvergensi (zona pertemuan angin) di langit Jawa Timur.

Baca Juga: Napi Rutan Klas II-B Sumenep Kedapatan Simpan Benda Terlarang

Selain itu, gangguan atmosfer lainnya juga disebabkan dari aktifnya penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur yang biasa disebut dengan MJO.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya gangguan jenis gelombang inersia yang secara alami terjadi dalam cairan yang berputar (gelombang Rossby) yang dapat meningkatkan potensi kejadian cuaca ekstrem. 

Cuaca ekstrem tersebut diperkirakan terjadi di Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Tulungagung, Batu, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Mojokerto, Madiun, Ponorogo, Magetan, Pacitan, Tuban, Blitar, Kediri, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Gresik, Sumenep, Bangkalan, dan Sampang.

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo akan terus membuka layanan informasi cuaca di Jawa Timur selama 24 jam melalui media sosial dan situs web resmi mereka.

Layanan informasi bisa diakses di website (http://www.juanda.jatim.bmkg.go.id), media sosial (@infobmkgjuanda), dan telepon (031) 8668989. (yt/an/fd)


(*)