Pasang

Dapat Pelatihan Servis AC Lewat Program WUB, Muda-Mudi di Pamekasan Kini Bisa Buka Usaha Sendiri

  • Bagikan
Dapat Pelatihan Servis AC Lewat Program WUB, Muda-Mudi di Pamekasan Kini Bisa Buka Usaha Sendiri
KHIDMAT: Pisah kenang para peserta pelatihan WUB dengan Disnakertrans Pamekasan, Jawa Timur (Ainur Rizky – Sinergi Pamekasan)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Program menciptakan 10 ribu wirausaha baru (WUB) yang digagas Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mulai menuai hasil. Hal ini terbukti setelah 20 muda-mudi warga setempat bisa membuka usaha baru servis ‘Air Conditioner (AC)’ usai mengikuti pelatihan WUB bidang servis AC.

Terhitung selama 20 hari, 19 pria dan 1 perempuan ini dengan tekun mengikuti pelatihan servis AC tersebut dibimbing langsung oleh fasilitator andal. Sehingga, mereka bisa memperbaiki AC yang rusak bahkan tidak berfungsi normal.

Pasang

Fasilitator Pelatihan Servis AC WUB Pamekasan, Faqih Zamani mengatakan, sebanyak 20 peserta yang ikut dalam pelatihan servis AC ini telah selesai mengikuti bimbingan selama 20 hari.

Kata dia, pelatihan servis AC dalam program WUB ini masih tergolong paket pelatihan baru. Usai fasih servis AC, puluhan peserta itu bersepakat membuka usaha secara berkelompok dan diberi nama CV. Wahana Usaha Bersama (WUB).

Dibuatnya CV. WUB ini, agar para peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan AC, bisa mempraktikkan ilmunya langsung ke masyarakat yang membutuhkan jasa mereka. “Pelatihannya sudah selesai sepekan lalu,” kata Faqih Zamani, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga: Bupati Pamekasan Pimpin Pemusnahan 2.577 Botol Miras Hasil Operasi Bersama

Pria yang akrab disapa Faqih ini mempersilakan para peserta jebolan pelatihan servis AC untuk membuka usaha sendiri secara kolektif. Sebab, para alumni peserta pelatihan servis AC tersebut sudah mendapatkan sertifikat resmi pelatihan dari Disnakertrnas Pamekasan.

Nantinya, alumnus pelatiham WUB servis AC tersebut bila ingin membuka usaha servis AC secara kolektif, izin usahanya akan dibuatkan dan akan dipermudah oleh Pemkab Pamekasan.

“Kalau mau buka usaha sendiri silakan, karena memang program WUB dari Pemkab Pamekasan ini akan mempermudah membuat izin usaha, baik itu OSS dan diberikan sertifikat pelatihan,” tegas Faqih.

Ia menambahkan, sertifikat pelatihan yang diberikan oleh Disnakertrans Pamekasan ini juga bisa dijadikan sebagai syarat untuk meminjam modal usaha ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jatim dengan bunga hanya satu persen. Sedangkan 5 persennya akan ditanggung oleh Pemkab Pamekasan.

Bagi masyarakat Pamekasan yang hendak servis AC ke alumni peserta WUB ini, lokasnya di Jalan Teja, dan bisa menghubungi nomor admin: 085936590620.

Biaya perbaikan servis AC di CV. WUB ini relatif lebih murah dibandingkan servic AC pada umumnya. “Kami sudah uji skil mereka baik secara psikis dan mental. Mereka ini sudah jago dalam hal servis AC. Kemarin sempat memperbaiki di rumah pak Bupati, pak Fata dan di ruang Pendopo sebelah barat,” tandasnya. (rz/an/fd/adv)


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *