Daun Kelor Diklaim Mampu Halau Virus Corona, Yuk! Kenali Manfaatnya

Daun Kelor Diklaim Mampu Halau Virus Corona, Yuk! Kenali Manfaatnya
SEGAR: Daun kelor menjulang tumbuh subur (Subaidi - Sinergi Sumenep)

TIPS, SINERGI MADURA - Dunia tidak selebar daun kelor. Demikian pepatah mengatakan untuk mengingatkan manusia agar tidak mudah putus asa dalam menghadapi suatu keadaan atau kegagalan.

Daun kelor atau yang disebut dengan merunggai tidak sekadar populer dalam peribahasa. Daun dengan bentuk bulat mungil ini ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi manusia.

Di masa pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama setahun ini, daun kelor banyak dicari masyarakat karena bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghalau dari sebaran virus corona. 

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI menyarankan agar masyarakat menjaga imunitas tubuh dengan membuat ramuan kelor secara rutin. Menurutnya, daun kelor merupakan bahan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama di masa pandemi.

Baca Juga: Posisi Tidur yang Baik Menurut Medis dan Anjuran Nenek Moyang Madura

Hasil penelitian dalam sebuah Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics, menyebutkan, daun kelor merupakan salah satu adaptogen alami yang bisa mengatasi stres. Artinya, tanaman ini memiliki kemampuan dalam tubuh dari efek toksik yang dipicu oleh stres.

Selain itu, daun kelor juga diyakini dapat menurunkan gula darah, diabetes, dan penyakit jantung. Salah satu cara untuk mengobatinya adalah dengan mengonsumsi daun kelor.

Daun kelor mengandung potasium, kalsium, vitamin C, vitamin A, protein dan zat besi. Dengan manfaat yang besar ini, daun kelor sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhannya.

Namun, meskipun bisa meningkatkan imunitas tubuh, ramuan daun kelor ini bukan obat COVID-19. Jadi, masyarakat diimbau untuk tetap berupaya meningkatkan imunitas tubuh dengan makan-makanan bergizi, olahraga teratur, berjemur, istirahat yang cukup serta tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). (bd/an/fd)


(*)