Pasang

Destinasi Religi di Sumenep Madura Jadi Magnet Wisatawan

  • Bagikan
Destinasi Religi di Sumenep Madura Jadi Magnet Wisatawan
Masjid Jamik Sumenep (Foto: Istimewa)

WISATA, SINERGI MADURA – Selain terdapat wisata kuliner dan alam yang eksotis, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur ternyata juga memiliki destinasi religi yang cukup dikenal dan menjadi salah satu andalan.

Tempat wisata yang memiliki sejarah peradaban keagamaan ini, menjadi magnet wisatawan domistik dan manca negara.

Pasang

Banyak orang luar daerah mengunjugi wisata religi di Kabupaten ujung timur Palau Madura untuk ziarah, terutama di bulan maulid dan menjelang puasa.

Berikut ini daftar wisata religi di Kabupaten Sumenep, Madura yang sudah populer.

1. Asta Tinggi

Asta Tinggi merupakan tempat pemakaman raja-raja Sumenep beserta keluarganya. Tempat ini berada di dataran tinggi yang terletak di Desa Kebonagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep.

Wisata Asta Tinggi selalu ramai dikunjungi para wisatawan untuk berziarah. Namun, tidak sedikit pula wisatawan yang berkunjung untuk menikmati arsitektur bangunan yang memiliki nilai artistik dan histori yang sangat tinggi.

Hingga sat ini, keberadaan bangunan di kompleks pemakaman raja Sumenep tersebut, masih terawat dengan baik dan tetap terjaga kelestariannya.

Baca Juga: 5 Wisata Religi di Madura yang Wajib Anda Kunjungi

2. Masjid Jami’

Lokasi Masjid Jami’ atau Masjid Agung Sumenep terletak persis di depan Alun-Alun yang merupakan bangunan masjid terbesar di Kota Keris.

Bangunan masjid bersejarah ini berdiri sejak tahun 1787, sebagai tempat ibadah bagi keluarga kerajaan Sumenep.

Bangunan masjid ini terbilang unik dan menarik terutama di bagian gerbang utama, karena terdapat adanya perpaduan unsur arsitektur Eropa, Tiongkok, Jawa, dan Madura.

3. Museum Keraton Sumenep

Museum Keraton Sumenep berada di sekitaran pusat kota yang terletak di dekat Alun-Alun, tepatnya di belakang Rumah Dinas Bupati.

Sebelumnya, gedung ini juga menjadi tempat kediaman dari Adipati Sumenep, sekaligus sebagai lokasi penyelenggaraan pemerintahan.

Gedung keraton tersebut saat ini, dijadikan museum sebagai tempat menyimpan berbagai peninggalan kadipaten Sumenep, berupa kereta kencana dan benda-benda bersejarah menarik lainnya.

Selain beberapa tempat wisata religi di atas, masih banyak sejumlah destinasi religi lainnya yang ada di Kabupaten Sumenep. Apa saja dan di mana saja? yuk, terus pantengin Sinergi Madura.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *