Diskop Sumenep Tutup Sementara Pelayanan Pengajuan Banpres BPUM

Diskop Sumenep Tutup Sementara Pelayanan Pengajuan Banpres BPUM
SEPI: Suasana Diskop Sumenep, Jumat tanggal 23 Oktober 2020 (Ubay Shabaro – Sinergi Sumenep)

SUMENEP, SINERGI MADURA – Akhirnya, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) resmi menutup sementara pelayanan pengajuan Banpres BPUM. Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk mencegah kerumunan pendaftar yang membludak setiap hari.

Diskop UKM belum memberikan penjelasan pasti kapan pelayanan Banpres BPUM akan dibuka kembali. Dinas yang berkantor di jalan Dr Cipto ini kabarnya masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumenep terkait pelayanan Banpres BPUM.

“Kita tutup dulu sementara untuk mencegah kerumunan,” ujar Kepala Diskop UKM, Sustono, saat dikonfirmasi melalui nomor teleponnya, Jumat (23/10/2020)

Pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan semua camat di Sumenep untuk kelanjutan pelayanan Banpres BPUM. Inisiatif ini dipandang tepat agar kerumunan pendaftar tidak tersentral di Diskop UKM. 

Berita Terkait:
Ribuan Pendaftar Banpres BPUM Padati Diskop, Jalan DR Cipto Sumenep Macet
Pendaftaran BPUM Dibatasi, Warga Keluhkan Pelayanan Diskop Sumenep

“Usaha ini mungkin bisa mengkoordinir pendaftar Banpres BPUM,” tukasnya.

Nantinya, lanjut Sustono, masyarakat yang ingin mendaftar Banpres BPUM menurutnya bisa melalui desa masing-masing. Pemerintah desa kemudian menyetorkan berkas pendaftar ke pihak kecamatan, dan setiap kecamatan hanya mengutus satu orang untuk mengirimkan pengajuan dari setiap desa ke Diskop UKM.

“Mungkin dengan cara ini pelayanan Banpres BPUM bisa maksimal dan tidak harus berkerumun,” katanya. 

Namun wacana tersebut masih akan dibicarakan lebih lanjut dengan pemerintah daerah setempat. Jika inisiatif tersebut disepakati, barulah pihak Diskop akan merealisasikannya.

“Kami akan bicara lebih lanjut dengan Bupati mengenai wacana ini,” pungkasnya. (us/md/fd)


(*)