Pasang

Dorong Kesejahteraan Petani, Pemkab Sumenep Luncurkan Program Beras ASN

  • Bagikan
TEKAN LAYAR: Bupati Achmad Fauzi (tengah), didampingi Direktur PD Sumekar (kanan) dan Kadispertahortbun Arif Firmanto (kiri), secara simbolis meresmikan program Beras ASN dengan menekan layar digital aplikasi 'Si Sapa' (Subaidi - Sinergi Sumenep)

SUMENEP, SINERGI MADURAPemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur meluncurkan program ‘Beras Aparatur Sipil Negara (ASN)’.

Program Beras ASN ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Keris untuk mendorong produktivitas dan kesejahteraan para petani di kabupaten ujung timur Pulau Madura.

Pasang

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, mengatakan, ASN merupakan salah satu pangsa pasar besar yang dapat membantu pemerintah dalam hal penyerapan hasil produksi beras petani.

“Data jumlah ASN di Kabupaten Sumenep terdiri dari PNS, CPNS, dan PPPK sekitar 9.263 orang,” kata Fauzi, saat Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) nomor 64 tahun 2021 tentang Penyediaan Beras bagi ASN, di Rumah Dinas (Rumdis) Bupati, Senin (4/10/2021).

Untuk itu, Bupati mendorong para ASN di Kabupaten Sumenep agar membeli beras hasil produksi para petani lokal sehingga penyerapan kebutuhan beras di kabupaten berlambang kuda ini dapat terbantu sebanyak 1.112 ton.

Baca Juga: Vaksinasi Serentak Tahap 2, Pemkab Sumenep Target Capai 70 Persen

“Nah, itu dari total surplus beras selama satu tahun panen sebanyak 43.031 ton dengan sisa surplus beras sebanyak 41.888 ton,” ujarnya.

Sebagai penyedia dan distributor program beras ASN ini, Bupati menunjuk Perusahaan Daerah (PD) Sumekar. Kebijakan ini menurutnya, di samping dapat meningkatkan kesejahteraan petani, dan ketahanan pangan, juga untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Bupati berharap, PD Sumekar benar-benar bekerja secara profesional dengan mengedepankan kualitas produk dan pelayanan kepada para ASN.

“Titik tekannya Perbup nomor 65 ini sebenarnya adalah terhadap kesejahteraan petani, serta membeli padi produk lokal petani,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep, Arif Firmanto menyampaikan, melalui program pembelian beras oleh ASN ini, diharapkan nanti tidak hanya dapat membantu penyerapan hasil produksi petani lokal, namun sekaligus menjadi promosi produk ke daerah lain.

Dia pun berharap agar program ini dapat menjadi salah satu solusi dari kendala yang dihadapi petani di lapangan mulai dari hulu hingga hilir, sekaligus untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Harapan kita program ini bisa menguntungkan bagi para petani, dan bisa meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis ekonomi lokal,” tandasnya.

Sekadar informasi, selain sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 64 Tahun 2021 tentang Penyediaan Beras bagi ASN, kegiatan dilanjutkan dengan peluncuran (Launching) Aplikasi ‘Si Papa’ dan penandatanganan pakta integritas oleh PD Sumekar.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *