Pasang

Eksotisme Pantai Gili Labak Sumenep Madura

  • Bagikan
Eksotisme-Pantai-Gili-Labak-Sumenep-Madura
MENAKJUBKAN: Salah satu wisatawan saat menikmati liburan di Pantai Gili Labak (Foto: Fikri Achmad - Sinergi Madura)

WISATA, SINERGI MADURAGili Labak atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘Pulau Tikus‘ adalah salah satu pulau berpenghuni di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Secara geografis, pulau ini terletak di sebelah tenggara Pulau Poteran atau Pulau Talango. Pulau ini masuk kawasan Dusun Lembana Desa Kombang Kecamatan Talango.

Pasang

Pulau Gili Labak ini luasnya hanya sekitar 5 hektare. Jadi, bisa dikelilingi kurang dari satu jam.

Jika Anda belum pernah sampai di pulau indah dan unik ini pasti akan takjub. Sebab, selain memiliki hamparan pasir putih yang indah juga dipenuhi dengan pohon cemara. Pantas, banyak pelancong atau wisatawan yang menghabiskan waktu senggangnya di pulau ini.

Selain itu, air laut yang tenang dan hamparan terumbu karang yang mengitari sekeliling pulau ini juga tak kalah menarik. Cocok bagi wisatawan yang hobi snorkeling.

Pulau yang dihuni oleh 79 orang dari 35 kartu keluarga (KK) ini ternyata mulai terkenal sejak tahun 2012 lalu.

Baca Juga: Kampoeng Toron Samalem, Wisata Hits Pamekasan Madura ala Jepang

Konon, sebelum terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Sumenep, pulau ini hanya dijadikan tempat singgah para pelaut yang ingin berteduh dari ombak dan angin besar sebelum akhirnya berpenghuni sejak ratusan tahun silam.

Untuk sampai ke pulau ini, Anda mesti naik perahu atau speedboat di Pelabuhan Kalianget. Selain itu, Anda juga bisa ikut perahu dari daerah Kecamatan Saronggi.

Misal naik perahu tradisional, untuk tiba di sana dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam waktu normal. Namun, jika naik speedboat di Pelindo III Kalianget cukup 25 menit Anda sudah akan tiba di pulau yang indah ini.

Saat tiba di sana, Anda akan dilayani oleh masyarakat sekitar dan sejumlah pemuda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Mereka lah yang memelihara keasrian dan keindahan pulau ini.

Untuk tiket cukup bersahabat di kantong. Anda hanya akan dikenakan tarif Rp.5000 per orang. Tiket ini bukan untuk kepentingan pribadi loh. Tapi akan digunakan untuk bayar kebersihan dan kenyamanan pantai.

Oh iya, satu lagi, menurut keterangan warga setempat, selain mempunyai nilai eksotisme yang tinggi. Pulau ini juga terkenal dengan mitologinya, penasaran?

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *