Etalase Nasi Gratis di Bangkalan, Sarana Berbagi Saat Pandemi

Etalase Nasi Gratis di Bangkalan, Sarana Berbagi Saat Pandemi
Salah seorang warga saat mengambil makanan gratis di etalase Nasi Kita Bangkalan (Foto: M Sainuddin)

BANGKALAN, SINERGI MADURA - Beragam cara dapat dilakukan untuk berbagi kepada sesama. Terlebih di masa pandemi Covid-19, aneka kegiatan donasi pun dapat gencar dilakukan. 

Seperti yang dilakukan oleh seorang pemuda warga asal Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur. Ia menyediakan etalase nasi gratis untuk masyarakat.

Etalase nasi gratis tersebut digagas oleh Arif Syafrisal di depan SDN Kraton 3 dan selatan Masjid Senenan di kabupaten setempat. 

"Program Nasi Kita (Bangkalan) itu sejak akhir Juli. Sasaran utamanya pekerja harian lepas seperti tukang becak. Akan tetapi, boleh warga sekitar mengambil atau mengisi etalase nasi ini," ujarnya saat ditemui media ini, Minggu (6/8/2020). 

Baca Juga: Mengenal Jajanan Sewel Khas Bangkalan, Enak Renyah dan Krispy

Pemuda yang akrab disapa Arif ini menuturkan, kisahnya berawal saat menjual korek gas, dimana penghasilannya dinilai kurang dari cukup. Dari itu kemudian, kata dia, timbullah ide untuk membantu sesama dengan berbagi nasi gratis. 

"Sekarang itu banyak banget orang-orang yang pendapatannya berkurang. Saya lihat orang tengah malem jualan gas korek. Saya tanya: Pak dapat berapa? Rp5 ribu, jawabnya," tutur Arif menirukan percakapannya dengan si penjual korek gas ketika itu. "Sudah makan? Belum, katanya. Akhirnya hasil dari Gojek saya kasih aja," kenangnya. 

Selain itu, ia juga menceritakan bahwa etalasi gratis yang diberi nama 'Nasi Kita Bangkalan' ini digagas oleh sekitar 10 orang dengan mengikutsertakan masyarakat untuk berbagi secara suka rela.

Baca Juga: Kue Proll Nanas, Oleh-oleh Khas Kota Bahari

"Dari 10 orang, bagaimana kita bikin suatu konsep yang mengikutkan warga Bangkalan tanpa melalui kita. Jadi tanpa nge-chat kita, tanpa ngasih kita, tinggal kasih (nasi) gitu. Alhamdulillah, temen-temen setuju," ujarnya. 

Dirinya berharap kegiatan sosial ini dapat terus bermanfaat bagi sesama, sehingga masyarakat dapat turut andil dalam membantu sekelilingnya melaui Nasi Kita Bangkalan. 

"Harapan kedepannya pengen semakin berkembang dan warga Bangkalan ikut serta lebih banyak" tandasnya, (ms/bd/md)


(*)