Pasang

Games Education, Cara BCM Lebih Dekat dengan Masyarakat Pamekasan

  • Bagikan
MENJELASKAN: Tim Bea Cukai Madura memegang sampel rokok (Dok. Sinergi Madura)

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Berbagai model pendekatan coba dilakukan Bea Cukai Madura (BCM) saat menyosialisasikan perundang-undangan tentang cukai dan rokok ilegal kepada masyarakat Pamekasan, Jawa Timur.

Minggu (26/9) kemarin, secara serentak BCM menugaskan 4 tim sosialisasi ke berbagai desa sasaran yang tersebar di Kabupaten Bangkalan, Sampang hingga ujung timur wilayah Kabupaten Pamekasan.

Pasang

Saat berkunjung ke Kecamatan Pakong, dipimpin Pemeriksa Bea da Cukai Ahli Pratama, Tesar Pratama bersama Triananda Maulana, tim BCM melakukan giat sosialisasi secara door to door.

Mereka menyampaikan soal pentingnya pemahaman tentang cukai dan bahaya rokok ilegal kepada beragam kalangan masyarakat sekitar, meliputi santri, petani, tokoh agama dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bea Cukai Madura Sebutkan Ciri ‘Rokok Durno’, Ini Salah-satunya!

Sosialisasi dilakukan tidak hanya secara door to door, melainkan juga menggunakan pendekatan games education saat menyampaikan materi tentang perbedaan rokok legal dan yang ilegal.

Pihak BCM yakin cara ini merupakan salah satu cara jitu untuk dapat lebih dekat dengan masyarakat, dan agar mereka tidak jenuh dengan model sosialisasi yang selama ini terus masif dilaksanakan.

“Kalau peserta sosialisasi selalu dicekoki dengan fokus pada materi tentang cukai, tanpa ada selingan hiburan, seperti permainan atau game, ya kemungkinan besar peserta akan jenuh,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Madura, Yanuar Calliandra.

Ia berharap, masifnya sosialisasi yang dilakukan BCM dapat menurunkan tingkat peredaran rokok ilegal di Madura.

Disampaikan, sosialisasi ke berbagai daerah ini akan terus berlangsung hingga akhir tahun 2021 nanti.

“Ini adalah wujud komitmen Bea Cukai untuk memberikan informasi dan pemahaman secara merata kepada masyarakat, bahwa cukai merupakan instrument penting bagi negara sehingga masyarakat bisa sadar untuk tidak mengonsumsi rokok ilegal,” pungkasnya. (adv)


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *