Gegara Virus Corona, Liga 1 dan 2 Dihentikan

Gegara Virus Corona, Liga 1 dan 2 Dihentikan
Gegara Virus Corona, Liga 1 dan 2 Dihentikan

NASIONAL, Sinergi MaduraUntuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, terpaksa Liga 1 dan Liga 2 dihentikan untuk sementara waktu. 

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Tepatnya, yaitu setelah dirinya membuka Kompetisi Liga 2 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020) malam.

Keputusan tersebut ditetapkan oleh Menpora Zainuddin berdasarkan hasil diskusi antara dirinya dengan Komite Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berikut jajarannya.

“Semakin ke sini kami lihat olahraga kita kok butuh perhatian khusus terhadap penyebaran virus corona, khususnya sepakbola,” kata Menpora dalam sambutannya.

“Tadi kami sudah diskusi dan rapat, sudah menghasilkan solusi untuk itu, PSSI akan sampaikan hasilnya,” imbuhnya.

Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan, ketika itu juga, menyampaikan hasil diskusi mengenai kepastian jadwal sampai kapan penundaan tersebut ditetapkan.

Liga 1 dan Liga 2, ungkap Irawan, akan ditunda mulai Hari Senin (16/3) depan hingga dua pekan mendatang. Pihaknya akan menunggu dan melihat kondisi perkembangan terkini terkait virus asal Wuhan Cina di Indonesia yang, seperti dilansir dari Tempo.co, ditengarai oleh Dubes Cina telah dibawa oleh militer asal Amerika Serikat.

“Dari sore kami sudah diskusi berkaitan dengan corona. Dinamik makin meningkat tadi saya minta Exco kumpul, dari hasil ini disepakati bahwa Liga 1 berhenti mulai Senin, kemudian liga 2 juga,” urai Irawan.

Hal itu sekaligus menunjukkan hasil dari rapat Jumat (13/) lalu dimana setiap Cabor diberi hak untuk menentukan cara mengatisipasi virus corona. Menpora pun mengaparesiasi keputusan yang diambil oleh Ketum PSSI ini.

“Pemerintah berterima kasih atas PSSI yang sangat bijak. Itu artinya kita sangat serius menanggapi apa yang disampaikan WHO dan Kemenkes. Liga terakhir besok (15/3, red) sampai dua minggu (awal April) sambil menunggu perkembangan,” ujar Menpora Zainuddin.

”Ini bukti pemerintah berkoodinasi dengan cabor-cabor,” pungkas Menteri Olahraga Indonesia, Zainuddin Amali.

Sumber: Tribun Jabar
Editor: Mazdon