Pasang

Gegerkan Warga, Lahar Dingin Gunung Semeru Hanyutkan Mobil Panther di Lumajang

  • Bagikan
Gegerkan Warga, Lahar Dingin Gunung Semeru Hanyutkan Mobil Panther di Lumajang
Foto: Istimewa

LUMAJANG, SINERGI MADURA – Luapan lahar dingin Gunung Semeru menghanyutkan sebuah mobil yang sedang diparkir di pinggir Kali Curah Kobokan, Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Senin (8/2/2021) sore.

Beredar dalam WhatsApp Grup, rekaman video peristiwa berdurasi 1.30 menit tersebut sempat menggegerkan warga yang sedang berada di lokasi. Sebab, mobil panther tersebut hanyut digulung luapan besar lahar dingin yang ditengarai berasal dari Gunung Semeru.

Pasang

Dilansir Surya.co.id, mobil tersebut milik warga Lumajang, Muhammad Sudi, yang tengah mengantar bahan bakar untuk alat berat di sekitar lokasi.

Kepala Pelaksana BPBD Lumajang, Indra Wibowo Laksana mengatakan, pihaknya telah mengutus Tim TRC untuk melakukan pencarian di sepanjang DAS Kali Curah Kobokan.

Namun hingga berita ini dinaikkan, mobil tersebut belum berhasil ditemukan. Selain karena arus lahar cukup besar, keruh warna bah juga menghalangi pantauan tim pencari.

“Kami sudah sebar tim sampai di Jembatan Piket Nol juga mobil itu juga belum terlihat,” kata Indra.

Ia memprediksi, mobil yang hanyut tertimbun material vulkanik. Namun pihaknya mengaku akan terus melakukan proses pencarian. “Yang jelas, sebisa mungkin kami akan berusaha mencari keberadaan mobil itu,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, M Wawan Hadi, seperti dilansir tempo.co, menyatakan, pemilik mobil roda empat tersebut selamat. “Pengemudinya dikabarkan selamat,” ujarnya.

Kabid Wawan mengimbau agar masyarakat sekitar Kali Curah Kobokan agar senantiasa waspada. Sebab menurutnya, hujan deras yang terjadi di kawasan Gunung Semeru berpontensi menimbulkan bencana susulan.

“Hujan deras yang terjadi di atas Semeru berpotensi menimbulkan bencana sekunder berupa lahar dingin,” imbuhnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *