Pasang

Gempa Bumi Berkekuatan 4,2 Guncang Yogyakarta dan Pacitan Jawa Timur

  • Bagikan
Tangkapan layar foto grafik gempa bumi ([email protected])

NASIONAL, SINERGI MADURA Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 4,2 kembali mengguncang Yogyakarta dan Pacitan, Jawa Timur hari ini, Rabu, (29/09/2021) siang.

Peristiwa gempa tektonik ini terjadi sekitar pukul 12:58:47 WIB. Selain dirasakan masyarakat Yogyakarta dan Pacitan, guncangan gempa bumi juga dirasakan oleh masyarakat Bantul.

Pasang

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” tulis akun Instagram @infobmkg.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.573 LS dan 110.15539 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 km Barat Daya Bantul, D.I Yogyakarta pada kedalaman 40 km.

BMKG memaparkan, jenis dan mekanisme gempa dangkal tersebut diakibatkan adanya aktivitas Subdukso lempeng Indo Australia.

Baca Juga: Diduga Bohongi Publik, KPI Jatim Ancam Laporkan Leslar ke Polisi

“Dengan memperhatikan lokasi Episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia,” bebernya.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta menghindari bangunan yang mudah retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tutup BMKG.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *