Pasang

Gusi Bengkak, Gigi Sakit, Coba Ramuan Alami Ini!

  • Bagikan
Ilustrasi gusi bengkak (Sumber foto: Halodoc.com)
Ilustrasi gusi bengkak (Sumber foto: Halodoc.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Pembekakan pada gusi merupakan ganggguan kesehatan yang kerap terjadi. Hampir semua orang mengalami kondisi ini meski hanya sekali seumur hidup.

Ketika gusi mengalami pembengkakan serius, jelas pun akan berimbas pada gigi serasa ingin copot. Dalam keadaan ini, siapapun tentu akan berupaya cari obat atau bahkan ada yang pergi ke dukun sakti.

Pasang

Anda yang sering mengalami masalah kesehatan ini bisa dikatakan sedang mengidap gingivitis atau gejala awal terserangnya gusi oleh kuman. Jika terus dibiarkan, hal selanjutnya dapat mengakibatkan periodontitis.

Periodontitis dapat diartikan infeksi pada gusi karena rusaknya jaringan lunak pada tulang penyanggah gigi. Jika gangguan ini tidak segera Anda tangani, maka hal serius selanjutnya dapat mengakibatkan hancurnya tulang rahang dan kerontokan gigi.

Bahkan, hal itu juga dapat menimbulkan serangan jantung, strok serta masalah kesehatan serius lainnya.

Mumpung belum terjadi cukup serius, gigi bengkak dengan gejala ringan bisa kita atasi dengan cara sederhana di rumah. Tetapi jika dikira sudah lebih satu minggu, sebaiknya Anda pergi periksa ke dokter spesialis gigi atau rumah sakit terdekat.

Nah, sekarang Anda tidak perlu lagi kesana kemari cari cara untuk mengatasinya. Beberapa langkah berikut bisa Anda coba lakukan untuk penanganan awal.

Baca Juga: Tak Banyak Tahu, Belimbing Wuluh Ternyata Bisa Obati Beragam Penyakit

1. Berkumur Air Asin

Cara alami pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan berkumur air hangat yang telah dicampur garam sesuai takaran.

Siapkan secangkir air hangat, tuangkan sesendok garam lalu aduk hingga rata. Kumur air asin hangat tersebut selama kurang lebih 10-20 detik kemudian semburkan agar bakteri yang bandel bercokol ikut keluar.

Cara ini cukup mudah dan efektif karena menurut sebagian ahli, air hangat dan kandungan garam diyakini dapat menahan pertumbuhan bakteri yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada gusi.

2. Berkumur Air Lemon

Pengobatan alami untuk gusi bengkak juga bisa dengan berkumur air hangat campur lemon. Kandungan asam pada lemon merupakan alkali alami yang dapat menyeimbangkan kadar pH dalam mulut.

Tidak terlalu sulit, Anda hanya cukup membeli atau petik buah lemon dari tangkainya, peras ke dalam segelas air hangat yang telah disediakan dan, kumurlah air lemon hangat tersebut secara rutin 3 kali sehari.

Gusi Bengkak, Gigi Sakit, Coba Ramuan Alami Ini!

3. Manfaat Teh

Teh dengan kandungan zat tanin tinggi seperti teh hitam dan teh hijau dapat menjadi alternatif lain pengobatan gusi bengkak secara alami. Teh celup bisa jadi pilihan mudah.

Pertama-tama, Anda hanya perlu menyiapkan sekantong teh yang masih segar, kemudian rendamlah dalam air mendidih sekitar 5 menit. Biarkan hingga kondisinya perlahan-lahan mulai dingin.

Sebelum terlalu dingin, masih dalam keadaan hangat-hangat kuku, segera oleskan ke gusi yang bengkak menggunakan kapas atau alat higienis lainnya. Biarkan ia bereaksi selama kurang lebih 5 menit, lalu berkumurlah kemudian dengan sisa teh tadi.

Kandungan anti-inflamasi dalam teh dan air hangat diyakini dapat menenangkan gusi yang bengkak. Selain itu, kandungan tanin pada teh berfungis untuk menyerap apa pun yang menyebabkan iritasi pada gusi.

Baca Juga: Saat Asam Lambung Naik Bikin Sesak Napas, Lakukan Cara Ini

4. Ramuan Tradisional

Ramuan tradisional yang terdiri dari adonan rempah-rempah atau bahan herbalis lainnya bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk pengobatan gusi bengkak secara alami.

Cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan poin nomor 3 di atas. Campurkan bubuk ramuan pilihan ke dalam sedikit air hangat dan aduk hingga merata. Lalu oleskan hasil secukupnya ke gusi yang sakit hingga terasa lumayan reda. Bilas dengan air dan ulangi cara ini hingga Anda merasa lebih baik.

Demikian, cara-cara di atas diyakini efektif untuk mengatasi peradangan dan nyeri pada gusi.

5. Sikat bagian yang bengkak

Langkah terakgir yang bisa dilakukan adalah dengan menyikat gigi terutama pada bagian gusi yang mengalami pembengkakan hingga sedikit mengeluarkan darah. Rasa sakit pada gigi biasanya akan berkurang.

Sebab, gejala ini biasanya terjadi akibat bau mulut karena tidak rutin atau lupa sikat gigi setelah makan makanan berlemak, terlalu manis dan lain semacamnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *