Pasang

Ini 5 Jajanan Khas Madura Cocok untuk Oleh-oleh Saat Berwisata

  • Bagikan
Ini 5 Jajanan Khas Madura Cocok untuk Oleh-oleh Saat Berwisata
Kemasan teri Krispi khas Madura (Foto: Lazada)

KULINER, SINERGI MADURAMadura memiliki beragam jajanan khas yang cocok untuk dibawa pulang saat Anda pelesiran atau berwisata ke pulau garam.

Berbagai kuliner khas Madura untuk oleh-oleh ini tentunya membuat para wisatawan puas dalam berbelanja dan menikmatinya bersama keluarga di rumah.

Pasang

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasan 5 jajanan khas yang cocok untuk oleh-oleh saat Anda menjadikan daerah Madura sebagai tujuan wisata.

1. Kerupuk Ikan

Daerah Madura memang dikelilingi oleh lautan sehingga ada banyak komoditas hasil laut yang bisa diolah. Salah satu inovasinya adalah kerupuk ikan yang banyak diburu wisatawan.

Untuk itu, bagi Anda penggemar kerupuk tidak boleh melewatkan kerupuk ikan khas Madura yang begitu terkenal. Kerupuk khas Madura ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Sangat cocok jika menikmati makanan dengan tambahan kerupuk khas Madura.

Kerupuk yang bisa membuat ketagihan ini bisa membeli dalam bentuk kemasan yang sudah matang, Anda bisa juga membeli bahan yang masih mentah.

2. Teri Krispi

Ikan teri merupakan ikan kecil-kecil yang kerap hadir di berbagai masakan di rumah. Rasanya yang asin namun gurih ini juga membuat masakan makin sedap. Apalagi aromanya yang begitu khas, selalu diburu oleh banyak orang.

Jika mengunjungi Madura, Anda akan menemukan olahan teri yang berbeda dari pada yang lain. Karena teri ini telah disulap menjadi camilan kekinian yang dikenal dengan teri krispi yang wajib untuk Anda coba.

Camilan satu ini sangat cocok sebagai teman pendamping nasi atau hanya untuk camilan di waktu santai. Memiliki banyak varian rasa, Anda bisa memilih sesuai dengan selera.

Apalagi untuk mendapatkannya juga mudah dan bisa awet. Harga jual camilan ini bervariasi, bergantung ukuran kemasan, mulai Rp. 25 ribuan hingga Rp. 80 ribu. Untuk jenis kuliner ini juga banyak tersedia di buka lapak online, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain-lain.

Baca Juga: Kue Apem, Jajanan Khas Madura yang Cocok Jadi Sarapan Pagi

3. Petis Madura

Madura dikenal sebagai penghasil petis yang enak. Untuk itu, Anda bisa menjadikan petis ini sebagai buah tangan ketika mengunjungi pulau garam. Karena dari segi rasa, petis Madura berbeda dengan petis dari daerah lain.

Petis Madura identik dengan rasanya yang lebih gurih dengan warna yang lebih kecoklatan. Selain manis, ada juga yang rasanya asin, bahkan perpaduan antara manis dan asin. Mengingat dengan petis ini, bisa membuat banyak menu nikmat di rumah.

Selain itu, petis Madura juga termasuk dalam jajaran oleh-oleh yang tahan lama. Harganya pun cukup murah, yaitu kisaran Rp. 10 ribu kemasan botol kecil dan Rp. 25 ribu kemasan botol besar.

4. Terasi

Mengunjungi Madura, Anda juga tidak boleh melewatkan terasinya. Terasi udang dengan kualitas super begitu mudah untuk Anda temukan di pulau penghasil celurit ini.

Banyak mengatakan, jika terasi Madura lebih nikmat dibandingkan yang lainnya. Penyedap alami satu ini memang sangat nikmat jika dijadikan campuran sambal atau masakan lainnya. Dengan aroma yang khas, terasi ini memang dibuat dari udang rebon pilihan.

Apabila Anda ingin mendapatkan banyak jenis terasi, di Sumenep misalnya, Anda akan disuguhkan berbagai terasi dengan kualitas yang berbeda dan ukuran yang berbeda. Umumnya akan dibentuk bulat yang besar, sehingga bisa dibagi bagikan ketika sampai di rumah nantinya.

Harga yang ditawarkan untuk masing masing terasi khas Madura ini bergantung pada kualitasnya. Untuk kualitas super jumbo dibandrol mulai Rp. 70 ribuan dan yang biasa mulai Rp. 30 ribuan.

Baca Juga: Cara Membuat Masakan Topa’ Ladhe Khas Madura

5. Buah Siwalan

Buah yang cukup unik ini sekilas mungkin mirip kelapa, namun sangat berbeda. Apalagi jika masih belum dibelah, karena kulitnya berwarna kehitaman dan di bagian ujungnya berwarna hijau.

Sementara buahnya memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis dan segar. Udara Madura yang cukup panas memang sangat cocok dengan buah ini.

Anda juga bisa menjadikan buah unik ini sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. Selain buahnya, Anda juga bisa membawa pulang Legen. Legen sendiri merupakan air yang diambil dari pohon siwalan.

Rasa legen khas Madura yang menyegarkan, semakin nikmat jika ditambahkan dengan es batu. Kedua oleh-oleh itu biasanya akan ditemui di pinggir jalan Prenduan, Kecamatan Pragaan, Sumenep. Untuk harganya tidak terlalu mahal kisaran Rp. 15 sampai Rp. 30 ribu per bungkus.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *