Pasang

Inilah 4 Jenis Pakaian Adat Wanita Madura

  • Bagikan
Inilah 4 Jenis Pakaian Adat Wanita Madura
Sejumlah wanita tampak menggunakan pakaian adat (goodminds.id)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Selain pakaian adat pria Madura seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya. Kali ini, akan membahas pakaian adat wanita Madura.

Dengan ini, kalian bisa menemukan keunikan dan kekhasan dari pakaian adat wanita Madura.

Pasang

Penasaran!! Yuk simak, seperti apa jenis pakaian adat wanita di Pulau Madura:

1. Kebaya

Seperti dengan daerah lain khususnya di pulau Jawa, wanita di Madura juga mengenakan kebaya rancongan dan kebaya tanpa kutu baru. Kebaya jenis ini digunakan dengan dalaman berwarna kontras yang sangat ketat di badan. Kebaya yang biasa digunakan oleh wanita Madura, berwarna biru, merah, dan hijau.

2. Leng Oleng

Pakaian ini merupakan jenis pakaian untuk menutup kepala yang berupa sebuah kain tebal. Oleh wanita Madura dikenal dengan leng oleng.

Baca Juga: Berikut 6 Jenis Pakaian Khas Pria Madura

3. Kalung Brondong, Gelang, Cincin, dan Penggel

Jenis perhiasan ini merupakan sebagai mempercantik wanita Madura. Diantaranya kalung brondong yang merupakan kalung emas berbentuk biji jagung dengan liontin bunga matahari.

Kemudian dilengkapi dengan cincin dan gelang bermotif keratin tebu, sementara di bagian kaki biasanya terdapat penggel yang terbuat dari perak atau emas.

4. Selop

Jenis pakaian ini hampir sama dengan tropa, yang fungsinya juga untuk dijadikan alas kaki, namun pakaian ini lebih tertutup.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *