Pasang

Inilah Doa Maulid dan Salawat Nabi yang Sering Dibaca Warga Madura

  • Bagikan
Inilah Doa Maulid dan Salawat Nabi yang Sering Dibaca Warga Madura
Ilustrasi salawat dan doa pada maulid nabi Muhammad SAW (Foto: Istimewa)

TIPS, SINERGI MADURA – Peringatan Maulid atau kelahiran Nabi Muhammad SAW, biasanya dirayakan setiap tanggal 12 Bulan Rabiul Awal.

Tahun 2021, perayaan Maulid Nabi jatuh pada Selasa 19 Oktober 2021 Masehi, dalam kalender Islam tanggal 12 Rabiul Awal 1443 Hijriyah.

Pasang

Pada bulan tanggal tersebut, umat Islam di Indonesia mayoritas memperingati. Khususnya warga Madura, bahkan biasa digelar selama satu bulan penuh.

Untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, hendaknya memperbanyak baca doa dan salawat yang telah diajarkan dalam Islam.

Berikut 3 bacaan doa maulid serta salawat nabi:

1. Doa Maulid Nabi Salawat Ibrahimiyah

ا للَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آ لِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إ بْرَاهِيمَ و على آ لِ إ بْر ا هِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَا ر كْتَ عَلَى إبْرَ ا هِيمَ وَعَلَى آل إبرا هيم في ا لعا لَمِينَ إ نَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya:
“Ya Allah, limpahkan rahmat-Mu pada Nabi Muhammad serta pada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan rahmat pada Nabi Ibrahim serta pada keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan juga keberkahan untuk Nabi Muhammad serta untuk keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan untuk Nabi Ibrahim serta untuk keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya pada seluruh alam semesta, hanya Engkaulah Yang Maha Terpuji lagi Maha Besar.”

2. Salawat Nabi Al Fatih

َللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.

Artinya:
“Ya Allah, sampaikanlah shalawat, salam, serta berkah pada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, yang jadi pembuka segala yang terkunci, jadi penutup segala yang telah berlalu, pembela segala yang hak dengan sebenarnya hak, serta jadi petunjuk pada jalan yang lurus. Semoga Allah SWT memberi limpahan shalawat kepada Nabi, keluarga Nabi serta pada para sahabat Nabi dengan balasan hak derajat serta kedudukannya yang tinggi.”

3. Salawat Nabi ‘Ummi’

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Artinya:
“Ya Allah, limpahkan segala rahmat-Mu pada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, sebagai seorang hamba, seorang Nabi, dan sebagai utusan dari-Mu, seorang yang ummy (tidak bisa baca tulis) berikut keluarga serta sahabatnya dengan sebenar-benarnya salam.”

 

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *