Pasang

Jack Grealish, Bintang Muda Bernilai 105,7 Juta Pound

  • Bagikan
Foto: Istimewa

SPORT, SINERGI MADURA – Bursa transfer musim panas 2021-2022 telah tutup. Sejumlah klub mendatangkan pemain-pemain bintang untuk memperkuat timnya masing-masing menjelang gelaran kompetisi musim selanjutnya.

Dari sekian pembelian klub, kedatangan Jack Grealish ke Manchester City membuat publik sepakbola heboh. Bagaimana tidak, di tengah hantaman pandemi global, secara mengejutkan The Citizen melakukan pembelian cukup sensasional. Tak tanggung-tanggung, Manajemen City bikin kejutan dengan merekrut Jack Grealish dari Aston Villa dengan mahar 105,7 juta Pound.

Pasang

Jika dirupiahkan, transfer ini mencapai angka fantastis yaitu setara Rp 2,1 triliun. Sebuah harga fantastis untuk seorang yang jarang didengar namanya di kalangan pencinta olahraga bola.

Untuk mengenal lebih dekat sosok Jack Grealish, berikut Sinergi Madura sajikan profil sang pemain, mulai dari masa kecil hingga kariernya di level klub profesional tingkat internasional.

Masa Kecil

Jack Grealish nama lengkapnya. Grealish panggilan akrabnya, lahir di kota Birmingham, Inggris pada tanggal 10 September 1995. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara lainnya, buah cinta Karen dan Kevin.

Jack Grealish muda tumbuh sebagai pesepakbola dengan akar kultur keturunan Inggris dan Irlandia. Bakatnya di dunia olahraga sepakbola ini mengalir dari faktor genetik kakek buyutnya, Billy Garraty.

Semasa berkarier, Billy Garraty sempat memperkuat The Lions, Aston villa. Mengalir dari sang kakek dan darah keturunan Inggris-Irlandia, pemain muda potensial dengan postur badan 180 cm itu terus tumbuh dengan keahliannya dalam mengeloh si kulit bundar.

Jack Grealish, Bintang Muda Bernilai 105,7 Juta Pound

Karier di Level Klub Domestik

Jack Grealish sempat menata bekalnya di akademi Aston Villa. Sebelum itu, ia bergabung dengan Akademi Highgate United, sebuah akademi sepakbola junior yang bermarkas di Birmingham. Hingga pada tahun 2003, Grealish memantapkan diri bergabung dengan akademi Aston Villa.

Di sini, bersama teman-temannya di Akademi Villans Club ia terus menimba ilmu sekitar teknik mengolah si kulit bundar hingga tahun 2012.

Tampil konsisten dengan khas gaya bermainnya yang bagus, ia dipromosikan untuk lanjut berkarir di level senior. Namun demikian, kendatipun ia mampu bermain bagus di level junior, awal kariernya di level senior tidak langsung berjalan mulus. Ia harus keras berlatih menyaingi pemain-pemain lainnya.

Demi mendapatkan menit bermain lebih di level senior, Jack Grealish akhirnya memilih setuju walaupun harus dipinjamkan ke klub divisi Championship Notts County.

Bersama Notts Country, Jack muda berhasil menorehkan 5 goal dari 37 penampilan. Berkat usaha kerasnya itu, ia dirasa cukup menjalani masa pinjaman setahun saja. Jack pun kembali berkostum Aston Villa dan menjadi andalan tim.

Karier Level Internasional

Walaupun punya silsilah keturunan dan banyak menghabiskan masa mudanya di Inggris, jangan mengira bahwa karier internasional Jack Grealish berawal dari Timnas Inggris. Justru karier internasionalnya bermula ketika ia dipercaya untuk memperkuat Timnas Irlandia level junior sejak tahun 2011 hingga 2014.

Secara bertahap, kiprahnya dengan kostum Timnas Irlandia terus meningkat, mulai dari level U17 dan U18 Irlandia. Hingga tahun 2016, ia pun dipanggil untuk membela timnas Inggris U-21.

Di sini, bersama Timnas Inggris, ia merasa lebih nyaman daripada membela timnas Irlandia. 2020, menjadi tahun bersejarah dalam karier Jack Grealish. Karena di tahun inilah ia dipercaya penuh untuk memperkuat tim nasional Inggris senior.

Di tanah Ratu Elizabeth, Jack Grealish dinilai sebagai gelandang serang terbaik era ini. Tak heran jika pada akhirnya Manchester City tergoda untuk menggunakan jasanya.

Jack Grealish lihai dalam memainkan peran gelandang tengah, namun juga fasih berperan sebagai gelandang serang. Bahkan akhir-akhir ini, oleh Sang Pelatih The Citizen, Pep Guardiola, ia lebih sering ditempatkan mengisi posisi Winger.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *