Pasang

Jamu Daun Mimba ala Orang Madura, Kaya Khasiat dan Ekstra Pahit

  • Bagikan
Jamu Daun Mimba ala Orang Madura, Kaya Khasiat dan Ekstra Pahit
Ilustrasi daun mimba yang memiliki khasiat tinggi (Foto: hellosehat.com)

TIPS, SINERGI MADURA – Masyarakat Madura pada zaman dulu terbiasa meminum jamu yang memiliki rasa pahit. Salah satu jamu yang paling disukai ketika itu adalah jamu daun mimba.

Zaman dulu masyarakat Madura terbiasa meracik dan mengolah sendiri ramuan yang terbuat dari bahan-bahan alami yang diperoleh dari pekarangan rumah.

Pasang

Jamu daun mimba kala itu menjadi bahan ramuan primadona bagi masyarakat Madura meski rasanya sangat pahit namun dipercaya memiliki khasiat luar biasa.

Pada bagian pinggir daun mimba berbentuk runcing menyerupai daun bunga mawar dan memiliki bentuk pohon yang biasanya menjulang tinggi.

Khasiat dari jamu daun mimba ini menurut orang Madura bila diminum membuat kondisi badan akan betah dengan cuaca dingin dan bisa terhindar dari gigitan nyamuk. Mungkin hal itu disebabkan karena rasa pahit daun itu mengalir di dalam darah.

Khasiat lain dari jamu daun mimba juga bisa menekan gula darah sehingga dapat mencegah terjadinya diabetes, meredakan nyeri serta obat penurun panas, menyembuhkan penyakit liver, mengobati diare, membasmi jerawat hingga menyembuhkan gatal-gatal.

Baca Juga: Ranjang Membara! Inilah Ramuan Rahasia Orang Madura

Mengolah daun mimba sebagai jamu tradisional Madura bisa dilakukan dengan dua cara agar menghasilkan khasiat yang luar biasa ampuh untuk mengobati penyakit.

Cara yang pertama adalah ditumbuk bersama kunyit dan daun asam, kemudian diperas sari patinya. Cara berikutnya, daun mimba tanpa campuran apa pun direbus dengan air panas hingga mengeluarkan sari pati.

Meminum jamu dari bahan daun mimba ini selain rasanya yang cukup pahit, bau dan aromanya puncukup mengganggu. Bagi orang yang belum terbiasa mengkonsumsi jamu ini mungkin akan langsung muntah.

Bagi orang Madura, agar tubuh tetap sehat dan bisa segera sembuh dari penyakit, hal itu bukan lantas dijadikan alasan untuk tidak mengonsumsi jamu daun mimba.

Untuk menghilangkan rasa pahit dan aromanya yang kurang enak, orang Madura memiliki cara untuk mengatasinya. Pertama, disiasati dengan sambil menyumbat hidung agar tidak tercium bau menyengat.

Lalu, jamu diminum sampai habis tanpa ada sisa sedikit pun di dalam mulut Anda. Setelah itu buka penutup hidung Anda. Namun, jika Anda mau muntah, sebisa mungkin ditahan.

 

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *