Pasang

Jatah Tahun Ini 20 Orang, Maba Kedokteran Unair asli Pamekasan Bisa Dapat Beasiswa

  • Bagikan
Jatah Tahun Ini 20 Orang, Maba Kedokteran Unair asli Pamekasan Bisa Dapat Beasiswa

PAMEKASAN, SINERGI MADURA – Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur di bidang pendidikan adalah pemberian beasiswa bagi mahasiswa baru (Maba) pada jurusan kedokteran.

Bantuan fasilitas berupa beasiswa ini diberikan khusus untuk warga asli Bumi Gerbang Salam yang punya keinginan kuat untuk menempuh pendidikan di bidang kedokteran namun mereka berasal dari keluarga yang kurang mumpuni secara ekonomi.

Pasang

Inisiatif ini merupakan komitmen pemerintah untuk mendukung serta menyetarakan hak pendidikan yang layak bagi generasi muda di Kabupaten Pamekasan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Pamekasan, Akhmad Zaini.

Untuk tahun 2021 ini, kata dia, Bupati Pamekasan menargetkan sekitar 20 mahasiswa asal Pamekasan untuk bisa lulus kuliah pada jurusan kedokteran, terutama mereka yang hendak kuliah di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

“Terget untuk setiap kecamatan dan desa satu dokter. Harapannya layanan kesehatan semakin baik. Sehingga pelayanan di bidang kesehatan bisa maksimal sesuai harapan berbagai pihak terkhusus kesehatan warga yang ada di pelosok,” ungkap Kadisdikbud Zaini, Kamis (15/7/2021).

Sementara ini, lanjut dia, sudah ada 4 orang yang menjadi penerima beasiswa. Empat orang mahasiswa tersebut berhasil lolos setelah melalui seleksi cukup ketat di Unair Surabaya beberapa waktu lalu.

“Pengumumannya sudah selesai dan tidak mungkin ada tambahan lagi. Yang empat orang itu ada yang dari Kecamatan Proppo, Tlanakan dan Larangan,” katanya.

Penerima beasiswa tersebut merupakan remaja calon dokter asal Bumi Gerbang Salam yang nantinya bakal mengabdi untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Pamekasan.

“Mereka kader terbaik calon dokter yang berasal dari daerah untuk mengabdi ke daerah sendiri, dan semoga di Pamekasan akan banyak dokter yang berasal dari penduduk setempat,” harap Kadisdik Zaini.

Sekadar informasi, Unair Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi unggulan di Jawa Timur yang telah menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Pamekasan sejak beberapa tahun kemarin hingga saat ini. (adv)


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *