Pasang

Kabupaten Sampang Madura Naik PPKM Level 3, Sekda: Objek Wisata Masih Boleh Dibuka

  • Bagikan
Sekda Sampang, H. Yuliadi Setiyawan
TEGAS: Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang, H Yuliadi Setiyawan saat memberikan penjelasan di ruangannya (Zainullah - Sinergi Sampang)

SAMPANG, SINERGI MADURA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM untuk Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur kembali naik ke level 3.

Namun demikian, pemerintah setempat mulai melonggarkan sejumlah aturan, terutama dalam sektor pariwisata.

Pasang

Hal demikian, berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) No 39/2021 yang mengatur tentang ketentuan pembukaan objek wisata di daerah PPKM Level 3.

Meski begitu ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh para pengelola wisata.

Dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) No 39/2021 memang diatur ketentuan pembukaan objek wisata di daerah PPKM Level 3. Meski begitu ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh para pengelola wisata.

Berita Terkait: PPKM di Sampang Madura Naik ke Level 3, Ini Penyebabnya

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang, H Yuliadi Setiyawan, tempat wisata masih boleh buka namun mewajibkan wisatawan yang datang menunjukkan surat vaksinasi COVID-19 serta mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Masih boleh dibuka, namun harus menerapkan prokes ketat, pengunjung wajib menunjukkan surat sudah divaksin dan nantinya di tempat wisata itu juga harus menyediakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining,” terangnya, Minggu (10/10)2021).

Meski berstatus level 3, lanjut Yuliadi, tingkat penularan di Sampang sudah terkendali. Hanya saja, pencapaian vaksinasinya belum maksimal sehingga berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan prosentase capaian agar Sampang dapat kembali masuk ke level 1.

“Kita akan mendorong di berbagai tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan untuk mewajibkan vaksinasi. Artinya bagi yang belum divaksin nantinya akan divaksin di tempat itu,” tegasnya.

Karena itu, H Yuliadi meminta dukungan semua pihak, baik pengelola objek wisata maupun pengelola rumah makan serta para penyedia fasilitas umum untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Nantinya, kata dia, setiap rumah makan atau restoran disiapkan BARCODE aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, pengunjung juga diingatkan untuk mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

“Jangan sampai lengah dengan adanya kelonggaran ini. Mari Sampang ini kita jaga bersama untuk tetap menjaga dan disiplin protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Sampang sebelumnya berstatus PPKM Level 1. Namun pemerintah pada 5 Oktober lalu menaikkan statusnya menjadi PPKM Level 3. Hal itu disebabkan capaian vaksinasi yang tidak memenuhi target, yaitu 13,80 persen.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *