Pasang

Kalian Wajib Tahu, Inilah Makna dan Simbol Karapan Sapi di Madura

  • Bagikan
Kalian Wajib Tahu, Inilah Makna dan Simbol Karapan Sapi di Madura
CEPAT; Seorang joki kerapan sapi tampak tegang (Foto: [email protected])

BUDAYA, SINERGI MADURA – Mendengar Pulau Madura, pasti akan terlintas di pikiran kalian tentang sapi, seakan sapi yang menjadi simbol dan kebanggaan Orang Madura.

Kenapa bisa demikian?

Pasang

Sapi bagi orang Madura, tidak hanya dijadikan hewan peliharaan atau ternak, namun juga sebagai hewan balap atau adu cepat yang paling tangguh atau yang biasa dikenal dengan sebutan Karapan Sapi.

Tidak heran jika orang luar daerah Madura mendengar kata Karapan Sapi, pasti akan menengok Pulau Madura, oleh sebab itu Pulau Garam ini memang khas dengan kebudayaan yang satu ini.

Bagi oang Madura, Karapan Sapi sudah menjadi sebuah identitas serta merupakan simbol dari keperkasaan, yang dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat Madura.

Karapan sapi merupakan hiburan istimewa bagi masyarakat secara umum, khususnya orang Madura.

Tradisi adu balap ini, salah satu Budaya Madura yang hingga kini masih lestari, sehingga orang Madura sangat mencintai budaya ini.

Baca Juga: Inilah Kisah 4 Situs Keramat Penjaga Pulau Gili Labak Sumenep Madura

Tahukah kalian? Tradisi Karapan Sapi sebenarnya menyimpan filosofi, nilai dan simbol kuat bagi orang Madura, berikut penjelasannya:

1. Nilai kerja keras

Nilai ini menunjukkan adanya kerja keras dari seorang pelatih, dalam proses pelatihan sapi kerapannya sehingga menjadikan sapi kuat dan tangkas.

2. NIlai Kerjasama

Nilai ini sudah dapat diketahui bahwa kerjasama antara peserta lomba dengan para pendukung atau suporter sangat mendukung.

3. Nilai persaingan

Nilai ini sudah dapat diketahui bahwa persaingan antar peserta ketika perlombaan sudah dimulai, masing-masing peserta berusaha agar sapinya dapat menjadi juara.

4. Nilai Ketertiban

Nilai ini tidak hanya ditunjukkan oleh para peserta lomba saja, akan tetapi juga para penonton yang menyaksikan perlombaan Karapan Sapi ini.

Baca Juga: Taneyan Lanjang, Simbol Cinta Kasih Orang Tua Madura kepada Anak Perempuan

5. Nilai Sportivitas

Nilai ini bukan hanya pada saat perlombaan Karapan Sapi berlangsung, akan tetapi pada saat kalah pun harus menerima dengan lapang dada.

5. Nilai Ekonomi

Pada dasarnya hali ini merupakan kebiasaan Masyarakat Madura memelihara sapi sebagai penopang ekonomi keluarga. Sehingga sapi dirawat dengan sangat baik, sehingga muncullah simbol sapi atau Karapan Sapi.

6. Nilai Filosofi

Dari Karapan Sapi, bisa dilihat bahwa watak orang Madura adalah pekerja keras, pantang berdiam diri dan pesimis.

7. Hewan Andalan Masyarakat Madura

Filososi ini dimaknai, sebagai siapa yang cepat dia yang dapat, artinya orang Madura tidak bertele-tele, ia cenderung mau berusaha cepat tanpa harus menunggu.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *