Pasang

Kenali 5 Tips Membaca Cepat yang Mudah Diterapkan

  • Bagikan
Sedang membaca buku
Sedang membaca buku (Foto: Bola.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Memperoleh banyak informasi dan ilmu pengatahuan merupakan kebutuhan setiap orang.

Dengan informasi yang didapat maka seseorang akan mengatahui terhadap kondisi dan pergerakan dunia yang semakin cepat.

Pasang

Di zaman saat ini untuk memperoleh Informasi dapat dicari di mana saja, seperti membaca buku, e-jurnal dan di media massa yang bisa kita akses di internet.

Dengan membaca kita akan mendapatkan informasi dan pengatahuan, apabila sering banyak membaca secara otomatis akan menambah wawasan kita.

Semakin cepat kita membaca buku dan informasi yang sudah bisa diakses di internet maka akan semakin banyak pula hasil yang kita peroleh.

Lantas langkah apa yang harus kita lalukan agar cepat membaca?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips membaca cepat dan mudah dipahami oleh kita, antara lain:

1. Tentukan target baca cepat
Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan target. Hal ini bertujuan untuk memancing rasa tanggung jawabnya untuk bisa berusaha membaca sebanyak-banyaknya, dalam tempo satu hari atau perbulan.

Dengan begitu, kita bisa mendapatkan dorongan untuk terus membaca dengan cepat dan tidak malas untuk melanjutkannya.

Kemudian, membuat target yang realistis untuk kita lakukan. Atau dalam artian, target yang telah kita buat ini tidak perlu mengganggu kegiatan lain yang kita lakukan.

Baca juga: Arti Mimpi Belajar Menurut Primbon Madura

2. Manfaatkan pembatas buku
Untuk sekarang ini, pembatas buku bukanlah hal yang asing, ketika membeli buku para penerbit sudah biasa menyediakan pembatas buku.

Biasanya, pembatas yang disisipkan ini memiliki tema yang cocok dengan buku yang kita baca. Pembatas tersebut bukan untuk sekedar mempercantik tampilan buku, melainkan bisa kita manfaatkan. Misalnya kita tidak dapat menyelesaikan bacaan suatu buku dalam sekali duduk.

Maka kita dapat menggunakan pembatas untuk memberi tanda supaya tidak perlu repot mencari pada bagian mana terakhir membaca.

Selain itu kita juga bisa memanfaat berbagai benda lain seperti, stiker, atau kertas biasa, sebagai alternatif jika di dalam buku tidak di sediakan pembatas.

3. Tidak perlu membaca setiap kata
Sering kali yang membuat proses membaca buku menjadi lama adalah karena kita membaca setiap kata yang ada dalam buku tersebut. Membaca setiap kata sebenarnya bukanlah suatu hal yang buruk, hanya saja dapat memakan waktu lebih lama.

Untuk orang yang sudah terbiasa membaca perkata, mungkin akan mengalami kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Akan tetapi, menghilangkan kebiasaan ini tetap perlu mencobanya supaya target bisa cepat tercapai.

4. Jangan mengulang yang sudah dibaca
Selain membaca perkata, ada hal lain yang bisa membuat kegiatan membaca buku berlangsung lama yaitu ketika kita mengulang apa yang sudah dibaca. Hal ini biasanya terjadi karena kita belum memahami apa yang telah dibaca.

Hal ini bisa hilang dengan sendirinya, seiring bertambahnya jam terbang membaca kita. Dengan sering membaca seharusnya menjadikan kemampuan kita memahami bacaan dapat terasah dan tidak perlu mengulang bacaan.

5. Buat ringkasan
Kemudian yang terakhir adalah, membuat ringkasan atau menarik kesimpulan atas buku yang kita baca. Membuat ringkasan bisa dilakukan dengan menulis di pojok buku atau bagian yang kosong. Atau dengan menulis di buku lain sebagai catatan agar bisa lebih tertata.

Manfaat dari membuat ringkasan yaitu, membantu kita supaya tidak mudah lupa tentang apa yang sudah didapatkan dari buku yang kita baca.

(*Nia/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Membaca itu Menyenangkan! Coba Tips Ini Agar Bisa Membaca Cepat)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *