Pasang

Kenali 6 Cara Mudah Melatih Kemampuan Public Speaking

  • Bagikan
Melatih kemampuan public speaking
Melatih kemampuan public speaking (Foto: Devidigital.ID)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Memiliki kemampuan public speaking atau kecakapan berkomunikasi yang baik di depan publik sangatlah penting bagi setiap orang.

Karena dengan kemampuan bicaranya di khalayak publik dapat meyakinkan orang lain, sehingga hal itu mampu menarik perhatian banyak orang.

Pasang

Terlepas dari fakta atau tidak, orang yang mempunyai kemampuan public speaking yang baik cenderung terlihat lebih pintar dari pada yang lain dan lebih percaya diri.

Nah, bagi kita yang saat ini masih kurang percaya diri ketika berhadapan atau berbicara dengan banyak orang, alangkah lebih baiknya kita harus berusaha melatihnya.

Sebab ketika kita sudah lebih percaya diri berbicara di depan publik, maka jiwa pembawaan dalam diri dapat dengan mudah meyakinkan orang lain.

Caranya sangat mudah untuk melatih kita agar memiliki kecakapan dalam public speaking, cukup kita simak ulasan di bawah ini ya!

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara melatih kita agar mempunyai kemampuan dalam publik speaking, antara lain:

1. Pahami pendengar
Kita harus memahami kepada siapa kita berbicara, sehingga kita bisa menyesuaikan bagaiman cara yang paling mudah untuk diterima.

Karena itulah, seorang public speaker yang baik pasti memiliki kemampuan untuk memahami audiensnya.

Baca juga: Kenali 5 Cara Jadi Pendengar Baik

2. Tulis poin-poin materi
Cara ini akan mempermudah kita dalam menyampaikan materi. Materi public speaking pada dasarnya adalah tentang audiens.

Menyusun poin-poin materi juga bisa menjadi solusi dari pada kita harus terpaku pada teks yang telah kita buat, misal kita menulis segala yang akan kita sampaikan.

Sehingga kita juga bisa belajar bagaimana cara menyusun poin-poin materi agar bisa lebih menjangkau audiens.

3. Masukkan humor dan emosi
Masukkan humor dan emosi agar presentasi kita terasa lebih hidup. Sehingga penyampaian tidak terkesan kaku. Humor juga bagus untuk memecah kebekuan dan menyegarkan suasana.

Di samping itu audiens umumnya juga lebih suka dengan pembicara yang pandai melempar humor.

4. Merlatih di depan cermin
Memang, public speaking adalah skill yang harus dilatih secara konsisten. Berbicara di depan cermin seolah-olah kita berbicara langsung di hadapan pendengar.

Cara melatih public speaking ini tidak hanya efektif untuk menekan rasa malu. Cermin juga tersedia setiap waktu. Karena itu, sebelum kita benar-benar tampil cara ini bisa dicoba untuk mempersiapkan diri.

5. Berlatih di depan orang lain
Tujuan akhir dari latihan public speaking adalah untuk berbicara di depan banyak orang. Karena itu, kita juga perlu berlatih berbicara di depan orang lain.

Kita bisa mencobanya di hadapan teman atau keluarga. Yang perlu kita latih yaitu, melakukan kontak mata dengan audiens.

Selain itu juga, intonasi bicara, bahasa tubuh dan atur temponya. Selama berlatih di depan orang lain, pastikan juga untuk melihat reaksi mereka.

6. Minta masukkan
kemudian, mintalah masukan atas latihan berbicara di depan seseorang tadi. Meskipun orang tersebut bukan seorang ahli public speakin, namun melihat dari kacamata audiens juga penting.

Dari sinilah kita bisa mengetahui kekurangan apa saja untuk bisa diperbaiki.

(*Nia/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: Melatih Kemampuan Public Speaking)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *