Pasang

Kenali 7 Cara Kendalikan Diri agar Tidak Mudah Baper

  • Bagikan
Ilustrasi mudah baper
Ilustrasi mudah baper (Foto: KlikDokter)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Memiliki kepribadian yang sensitif atau mudah terbawa perasaan (baper) merupakan hal yang lumrah terjadi pada diri manusia.

Orang yang mudah baper atau mempunyai tingkat sensitif tinggi cenderung akan nemiliki rasa emosional yang tinggi sehingga susah untuk dikendalikan.

Pasang

Selain itu orang semacam ini juga memiliki rasa kepekaan yang cepat tanggap, bahkan jika hal ini dimiliki oleh sosok perempuan ia akan mudah menangis.

Lantas solusi apa yang bisa dilakukan agar tidak mudah baper?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi atau mengendalikan sifat sensitif tinggi atau mudah baper, antara lain:

1. Kenali pemicunya
Terbawa perasaan terkadang tidak dapat di kendalikan, namun dengan evaluasi kita akan tahu cara yang tepat untuk mengatasinya.

Tingkat sensitivitas seseorang menjadi salah satu pemicu baper itu terjadi, aabila baper itu terjadi pada kita yang memiliki integritas sensitif yang tinggi, maka cobalah untuk menjadi lebih cuek.

Tidak perlu menganggap segala sesuatu itu penting untuk di tanggapi dengan perasaan. Hal yang memicu rasa sensitif biasanya lelah, stres, badan tidak fit, dan berbagai permasalahan lain.

2. Kendalikan pikiran positif dan realistis
Pikiran positif dan realistis akan menjadi benteng bagi kita ketika mengalami baper, jangan sampai kita terjerumus dalam pikiran negatif kita sendiri.

Terkadang yang menjadi racun yang merusak kita tidak datang dari luar, melainkan dari dalam diri kita sendiri.

3. Hindari overthinking, sibukkan diri
Tidak perlu memikirkannya dengan berlebihan, alihkan pada kegiatan positif agar kita memiliki kesibukan atau bisa mencari kesibukan.

Karena memikirkan sesuatu secara berlebihan bisa memicu datangnya stres, dengan memiliki suatu kesibukan, kita juga dapat memperluas wawasan sehingga bisa lebih bijak menanggapi segala persoalan.

Baca juga: Selain Kurangnya Kepuasan Seksual, Ini Penyebab Terjadinya Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga

4. Hargai perbedaan pendapat
Tidak semua orang punya pemikiran yang sama, dan apa yang di pikirkan orang bukan urusan kita dan sadarilah kita tidak bisa mengontrol apa yang orang lain pikirkan.

Pola pikir seperti ini baik di latih bagi kita yang sering down dan khawatir terhadap pendapatan negatif orang terhadap diri kita.

Maka pandai-pandailah mengolah emosi dalam menanggapi pendapat orang lain, jadilah dewasa dengan bisa membedakan mana kritik yang membangun, dan mana cacian yang tidak perlu di dengar.

5. Melatih rasa percaya diri
Jadikan pertanyaan sensitif menjadi motivasi, terkadang yang terlihat baik dengan selalu memuji itu benar-benar baik.

Justru orang yang menunjukkan kekurangan kita dia lah orang yang benar-benar baik dan perduli kepada kita, dengan cara seperti itu, dia berharap kita bisa menjadi lebih baik lagi.

6. Cari support system
Pilih orang-orang terdekat, pengaruh teman dekat dapat memberi kita motivasi serta semangat hidup, karena tidak semua orang dapat mengerti karakter yang kita miliki serta kondisi yang kita alami.

Maka mencari teman dekat yang tepat dapat adalah salah satu solusinya. Selain itu, kita juga bisa menjadikan teman dekat sebagai tempat bercerita dan mendapatkan saran.

7. Self-care
Utamakan yang menjadi kebutuhan kita,  seperti berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi seimbang dan tidur secara teratur 7-8 jam perhari.

Dengan kebiasaan ini akan membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh serta baik untuk kesehatan mental kita.

(*Nia/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: 7 Tips Mengatasi Mudah Baper)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *