Pasang

Kenali 7 Cara Memulai Bisnis Kuliner agar Tidak Gagal

  • Bagikan
Ilustrasi bisnis kuliner memakai jasa pesanan go-food
Ilustrasi bisnis kuliner memakai jasa pesanan go-food (Foto: [email protected])

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Memulai bisnis pada saat ini sangatlah menjanjikan, apalagi bisnis dibidang kuliner.

Karena berbisnis kuliner ini sangat tepat untuk memulai usaha, melihat makanan setiap hari sangat diperlukan oleh manusia.

Pasang

Di samping itu, orang Indonesia banyak yang senang dengan kuliner, karena bisa ditandai dengan banyaknya jasa pesan-antar makanan secara online seperti grab-food dan go-food.

Dengan begitu, ketika kita memulai bisnis kuliner sama dengan menjemput peluang besar, karena kuliner menjadi salah satu masakan yang digemari oleh orang-orang.

Tapi perlu kita cermati dulu, meski kelihatannya menguntungkan namun juga ada banyak bisnis kuliner yang gagal dan tidak bisa bertahan sampai tahun berikutnya.

Nah, untuk mengantisipasi kegagalan dalam berbisnis kuliner, ada beberapa langkah yang mungkin bisa kita pelajari terlebih dulu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 cara memulai bisnis kuliner yang benar agar tidak terjadi kegagalan dikemudian hari, antara lain:

1. Buat konsep bisnis
Membuat konsep bisnis saat memulai bisnis dibidang kuliner sangat penting agar tidak mengalami kerugian dan kegagalan yang luar biasa.

2. Pahami target pasar
Selain membuat konsep bisnis pemula bisnis juga harus memahami target pasar yang saat ini banyak sekali menu makanan yang sangat di gemari oleh masyarakat.

Baca juga: Tips Memasak Cepat di Rumah Ketika Sibuk Bekerja

3. Pahami keunikan produk
Kita sebagai pemula bisnis juga harus memiliki inovativ yang tinggi agar menciptakan keunikan pada masakan yang akan dikembangkkan.

4. Desain produk
Desain produk juga tak kalah penting untuk pemula karena dengan desain tidak ada yang akan bisa menjiplak masakan yang anda jual. Karena kita sudah memberi label produk pada kemasan makanan yang ada jual.

5. Tentukan lokasi usaha
Menentukan lokasi usaha juga sangat penting dalam membuka bisnis baru yang akan digeluti, lokasi yang strategis sangat menguntungkan pemula bisnis untuk bisa diketahui banyak orang saat berlintas.

6. Promosikan via sosmed
Mempromosikan masakan yang kita masak juga tak kalah penting apalagi mempromosikannya melalui sosial media yang mungkin saat ini banyak sekali pemula bisnis memakainya.

Karena hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan gadget (Hp android), sehingga semakin banyak orang yang tau akan semakin banyak orang yang ingin mencoba bisnis kuliner kita.

7. Buat rencana anggaran
Merupakan salah satu hal yang paling penting dan paling rawan karena jika salah menghitung antara pemasukan dan pengeluaran akan membawa kita pada kehancuran bisnis yang mulai kita bangun.

(*Ganes/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: 7 Tips Anti Gagal Memulai Bisnis Kuliner)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *