Pasang

Kepung Gedung KPK, Ribuan Mahasiswa Protes soal Pemberhentian Pegawai Tak Lolos Tes TWK

  • Bagikan
Foto: Istimewa

NASIONAL, SINERGI MADURA – Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) geruduk gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (27/9/2021).

Ribuan pemuda menyampaikan protes soal pemecatan calon pegawai KPK yang tak lolos tes wawasan kebangsaan atau TWK. Mereka menuntut agar Ketua KPK Firli Bahuri segera dipecat.

Pasang

Koordinator Media BEM SI 2021, Muhammad Rais, mengungkapkan bahwa sebelum aksi ini, pihaknya telah berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo.

Disebutkan, bahwa dalam surat tersebut juga berisi permohonan sekaligus mempetanyakan nasib 57 pegawai KPK yang telah diberhentikan hanya karena gagal TWK. “Kita kasi waktu 3 x 24 jam jawaban dari presiden,” katanya.

Rais menyebut KPK sudah tidak lagi menjadi lembaga antirasuah, melainkan telah beralih fungsi jadi Komisi Perlindungan Korupsi.

“Bagaimana tidak? pegawai-pegawai jujur telah disingkirkan dengan adanya TWK dengan dalih wawasan kebangsaan hingga timbul fitnah ‘dugaan taliban’ tanpa alasan,” ucapnya, sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Baca Juga: Politik Anggaran Menghadapi Perubahan Iklim

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Pusat BEM SI, Nofrian Fadil Akbar, mengatakan, aksi ini digelar secara damai dan taat pada protokol kesehatan Covid-19. Sebab itu, ia meminta kepada aparat kepolisian dan keamanan lainnya agar tak menghalangi aksi dengan dalih pandemi.

“Kami tetap sudah komunikasi ke beberapa pihak kepolisian. Kami komunikasikan saja kondisi di Jakarta levelnya juga turun, kami maunya aksi damai sampaikan substansi,” jelasnya.

Sementara itu, pelaksana tugas juru bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati menyampaikan bahwa Ketua KPK saat ini sedang ada kegiatan di Jambi hingga tanggal 1 Oktober 2021 mendatang.

“KPK melalui Kedeputian Koordinasi dan Supervisi melakukan serangkaian kegiatan koordinasi dengan sejumlah instansi di Provinsi Jambi,” katanya, dikutip Sinergi Madura dari Tempo.co.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *