Pasang

Ketua DPD KNPI Sumenep Urai Makna Hari Sumpah Pemuda

  • Bagikan
Ketua-DPD-KNPI-Sumenep-Urai-Makna-Hari-Sumpah-Pemuda
AKRAB: Ketua DPD KNPI Sumenep, Syaiful Harir bersama Sastrawan Madura, Ibnu Hajar saat pelatikan (Foto: FB/Ayink Al Hariri)

SUMENEP, SINERGI MADURA – Setiap tanggal 28 Oktober seluruh lapisan pemuda di Indonesia pasti memperingati momentum Sumpah Pemuda.

Tema Sumpah Pemuda tahun 2021 yang ke-93 ini adalah “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”.

Pasang

Secara historis, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda sejak diikrarkan pada tahun 1928 silam.

“Refleksi hari sumpah pemuda jangan hanya dijadikan kegiatan seremonial saja. Lebih dari itu, pemuda harus bisa mengambil peran strategis dalam memajukan bangsa dan negara,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Sumenep, Syaiful Harir, Kamis (28/10/2021).

Selain itu, pria yang akrab disapa Ayink ini menegaskan bahwa ancaman dan tekanan arus globalisasi di zaman modern ini hampir pasti menjadi trend dalam kehidupan pemuda.

Baca Juga: PK PMII STKIP PGRI Sumenep Resmi Dilantik

Oleh sebab itu, pemuda harus punya persiapan dengan mematangkan diri secara mental maupun skill.

“Tugas kita hari ini adalah mempersiapkan untuk tahun 2025 menuju Indonesia emas. Ini tidak akan tercapai apabila pemuda hari ini sebagai penerus para leluhur tidak mempertahankan dan mengelola kekayaan sumber daya alam yang ada,” tegasnya.

Dalam konteks kekinian, lanjut Ayink, sudah banyak contoh kekayaan alam yang dieksploitasi besar-besaran oleh kaum pemodal dari luar.

“Misalnya, alih fungsi lahan menjadi tambak udang dan sektor pertanian lain, padahal dulu para leluhur kita sangat menjaga warisan itu,” sebutnya.

“Disinilah kontrol pemuda dibutuhkan untuk keberlangsungan kekayaan bumi pertiwi ini,” imbuh eks aktivis PMII ini.

Untuk itu, pihaknya berharap agar seluruh pemuda khususnya di Kabupaten Sumenep bisa menjadi barometer perubahan yang lebih baik ke depan.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga pemuda di Sumenep bisa terlibat langsung untuk memantau pengelolaan sumber daya alam,” harapnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *