Pasang

Ketua MUI Ikut Komentar soal Nikah Siri Leslar

  • Bagikan
Ketua MUI Asrorun Niam (Istimewa)

NASIONAL, SINERGI MADURA – Bikin heboh publik, akhirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut berkomentar tentang pengakuan Rizky Billar dan Lesti Kejora (Leslar) yang memgaku telah melakukan pernikahan secara siri sebelum nikah.

Ketua MUI, Asrorun Niam menjelaskan, bahwa nikah siri dapat dikatakan sah jika semua syarat dan hukum pernikahan terpenuhi berdasarkan syariat yang berlaku.

Pasang

“Tetapi belum dicatatkan secara administratif di petugas pencatatan nikah, hukumnya sah secara syar’ie,” bebernya, dikutip sinergi madura dari detik.com, Jum’at (1/10/2021).

Namun demikian, lanjut dia, walaupun setelah nikah siri dapat sepenuhnya menunaikan layaknya kewajiban suami-istri, tapi sebaiknya pernikahan tersebut menurutnya harus didaftarkan secara administratif.

Baca Juga: Diduga Bohongi Publik, KPI Jatim Ancam Laporkan Leslar ke Polisi

“Demi kebaikan bersama, sebab hukum nikahnya sah, maka keduanya sah sebagai suami-istri,” katanya.

“Dengan demikian, keduanya terjalin hubungan suami-istri dengan hak dan kewajibannya, juga tanggung jawab suami-istri. Untuk kepentingan kemaslahatan, pernikahan harus dicatatkan,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Leslar terancam akan dilaporkan ke polisi oleh Kongres Pemuda Indonesia (KPI) Jawa Timur, lantaran keduanya diduga telah melakukan pembohongan publik dan dinilai telah mempermainkan ajaran agama Islam. Namun rencana pelaporan tersebut ditunda karena masih mengumpulkan alat bukti.

Ketua KPI Jatim, Edi Prastyo menjelaskan, salah satu alat bukti yang akan dikumpulkan adalah pernyataan dari Buya Yahya, yang menjelaskan bahwa pernikahan yang dilakukan Lesti Kejora dan Rizky Billar itu tidak ada.

“Beberapa statement-statement dari Buya Yahya. Yang digunakan nanti kan dari Buya Yahya. Karena kan pernikahan di atas pernikahan tidak ada kan,” tandasya.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *