Pasang

Kota Tua di Madura, Hanya Ada di Kalianget Sumenep

  • Bagikan
Kota Tua di Madura, Hanya Ada di Kalianget Sumenep
Gedung Kota Tua Kalianget Sumenep Madura (Ig @ty_dec)

BUDAYA, SINERGI MADURA –  Kota Tua merupakan salah satu peninggalan sejarah di Madura, Jawa Timur, pada zaman penjajahan VOC atau Pemerintahan Hindia Belanda di Sumenep yang hinggi saat ini masih tetap kokoh.

Kota tua yang berlokasi di Jalan Raya Kalianget, Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura ini telah diabadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat.

Pasang

Kota Tua Kalianget disebut-sebut sebagai kota modern pertama di Nusantara dan, dari sanalah cikal bakal terciptanya Kota Modern di kabupaten ujung timur Pulau Madura berawal.

Keberadaan Kota Tua Kalianget ini dapat dibilang cukup strategis secara geografis karena lokasinya berdekatan dengan bandar pelabuhan tersibuk di Selat Madura, Pelabuhan Kalianget.

Baca Juga: Inilah 6 Karakter Mayoritas Orang Madura

Secara historis, kawasan Kota Tua didirikan oleh kongsi perdagangan Bangsa Asing atau VOC pada awal abad ke-18,  yang membabat kawasan ujung Timur Madura, tepatnya pada tahun 1705.

Beberapa peninggalan sejarah, yang dibangun oleh kolonial Belanda antara lain pabrik garam, briket modern pertama di Indonesia, lapangan tenis, kolam renang, bioskop, sampai pemukiman untuk pegawai garam kala itu.

Sejauh ini, yang masih menonjol dan dijadikan tempat wisata bersejarah oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep yaitu gedung besar bangunan Belanda yang biasa dikenal dengan sebutan Gedung Kota Tua Kalianget.

Beberapa peninggalan lainnya di Kota Tua, antara lain:

1. Jam Dinding Tua di Pos Jaga
2. Gedung Pembangkit Listrik
3. Lokomotif atau Lori
4. Pelabuhan Kota Tua Kalianget, dan lain sebagainya.

 

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *