Pasang

Kreasi Orang Madura, Daun Siwalan Disulap Jadi Tikar

  • Bagikan
Tikar dari daun siwalan siap di pasarkan (Foto: Istimewa)
Tikar dari daun siwalan siap di pasarkan (Foto: Istimewa)

BUDAYA, SINERGI MADURATikar merupakan karya tangan manusia yang diciptakan atau diproduksi untuk dijadikan alas duduk atau tidur. Pada umumnya terbuat dari dari duan pandan, kelapa dan plastik.

Nah jika kalian menengok tikar ciptaan Orang Madura, lebih tepatnya di Kecamatan Pragaan, Sumenep Madura ini, ternyata cukup berbeda.

Pasang

Sebab, tikar yang satu ini dijadikan bungkus tembakau. Sehingga tikar ini berpotensi ekonomis saat dijual di pasaran.

Tikar dari daun siwalan ini oleh orang Madura dipercaya memiliki kualitas yang kokoh serta tidak akan merusak kualitas dan kondisi aroma tembakau saat dibungkus.

Baca Juga: Ritual Meratakan Gigi bagi Calon Pengantin Perempuan Madura

Dalam proses pembuatannya, dibutuhkan orang yang ahli dalam sulam menyulam, karena memang pembuatannya tidak memakai alat mesin (manual) dan cepat.

Sehingga cukup memakan waktu yang lama, untuk bisa menciptakan tikar khas Madura ini. Dimulai dari mengambil daun siwalan, kemudian mengangkut hingga menjemur daun siwalan sampai kering. Barulah tikar itu siap dibuat hingga jadi.

Harga tikar tersebut relatif, tergantung musim dan kegunaannya, jika dibuat bungkus tembakau harganya mencapai hingga Rp. 40.000 per tikar. Namun untuk hari biasanya mencapai Rp. 20.000- 25.000 pertikar.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *