Pasang

Kue Apem, Jajanan Khas Madura yang Cocok Jadi Sarapan Pagi

  • Bagikan
Kue Apem, Jajanan Khas Madura yang Cocok Jadi Sarapan Pagi
Apem Madura (Foto: Cookpad.com)

KULINER, SINERGI MADURA – Salah satu masakan kuliner tradisional dari Madura, Jawa Timur adalah kue apem.

Kue apem atau apem manis merupakan jajanan pasar berbahan dasar tepung beras dengan campuran kuah manis dari gula merah cair (tengguli).

Pasang

Kue basah ini menjadi jajanan primadona di Kabupaten Sumenep pada zaman dulu. Bahkan hingga sekarang, hampir setiap hajatan atau kegiatan warga di Kota Keris ada yang namanya kue Apem.

Meski tak semarak dulu, jajanan berbentuk bulat khas Madura ini bisa ditemukan, terutama di setiap acara empat puluh hari, seratus hari, dan seribu harinya orang meninggal di Timur Daya Sumenep.

Ada dua cara penyajian pada kue ini, sebagian orang menggunakan campuran rempah seperti jahe dan kayu manis, ada yang hanya menggunakan pemanis atau tengguli saja tanpa rempah.

Baca Juga: Minuman Manis Penghangat Badan, Ini Resep Wedang Kobhu Madura

Perpaduan rasa manis dan aroma rempah-rempah menjadi kunci kenikmatan dari makanan khas Pulau garam satu ini.

Apem manis berempah biasa disajikan pada pagi hari sebagai menu sarapan. Penganan ini juga cocok jadi teman ngopi atau ngeteh saat kumpul keluarga sebelum beraktivitas.

Sebagai menu sarapan di pagi hari, apem dengan kuah rempah ini juga sangat cocok sebagai penambah stamina sebelum beraktivitas. Karena terdapat aroma kuah yang segar.

Saat melancong ke pulau garam, Anda bisa menemukan apem manis dijual di pasar tradisional pada pagi hari. Ada juga yang dijajakan berkeliling bersama kue basah khas lainnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *