Lagi, Nakes di Sumenep Tambah Kasus Warga Positif Covid-19

Lagi, Nakes di Sumenep Tambah Kasus Warga Positif Covid-19
Humas Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya (Foto:Istimewa)

SUMENEP, SINERGI MADURA - Kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terus bertambah.

Sejak Rabu (1/7) kemarin, 2 orang kembali dinyatakan positif virus corona. Diantaranya adalah salah satu tenaga kesehatan (Nakes).

"Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini mencapai 73 orang, dari data sebelumnya 71," ungkap Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya, Kamis (2/7/2020).

Penambahan kasus tersebut adalah pasien nomor 72, seorang laki-laki (55) berdomisili di Kecamatan Batuan. Ia bekerja sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas Saronggi Kabupaten Sumenep.

"Tanggal 27 Juni pasien melakukan rawat inap di RSI Garam Kalianget dengan status pasien dalam perawatan (PDP), tanggal 28 dilakukan pemeriksaan dan pada hari ini dinyatakan positif," bebernya. 

Baca juga: Soal Penangkapan Dua Anggota, BNN Sumenep: Anggota Kami Berstatus sebagai Saksi
 
Selanjutnya, pasien nomor 73 adalah seorang laki-laki (38) tahun berdomisili di Kecamatan Kota Sumenep, bekerja sebagai karyawan swasta di Kabupaten setempat. 

"Pada tanggal 28 Juni pasien nomor 73 melakukan rawat inap di RSI Garam Kalianget dengan status pasien PDP, setelah dilakukan pemeriksaan swab dinyatakan positif," tambah Ferdian.

Kemudian, terhadap pasien nomor 72 dan 73 saat ini dilakukan perawatan intensif di RS garam Kalianget dan dilakukan penyemprotan disinfektan di rumah serta lingkungan kerja pasien.

"Selain itu juga dilakukan tracing terhadap kontak pasien," sebutnya. 

Sekadar diketahui, bahwa peta sebaran covid 19 di Kabupaten Sumenep saat ini dari 27 Kecamatan, 15 kecamatan pada posisi zona merah, 11 kecamatan berada di zona hijau, dan 1 kecamatan zona kuning yaitu Kecamatan Pragaan. (bd/an/fd)