Pasang

Langgar Lima Aturan Ini, Perempuan Madura Dipercaya Susah Dapat Jodoh

  • Bagikan
Langgar Lima Aturan Ini, Perempuan Madura Dipercaya Susah Dapat Jodoh
Perempuan cantik sedang berfoto (Foto: boombastis.com)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Keberadaan kaum perempuan di Madura merupakan penjaga kehormatan bagi keluarga dan masyarakat sekitar. Jika terdapat seorang perempuan yang bertindak kurang baik, nama baik keluarga lah yang menjadi taruhan.

Bagi masyarakat Madura, kaum perempuan memiliki kedudukan yang spesial. Itu lah alasannya kenapa banyak sekali aturan adat yang mengikat kepada kaum perempuan.

Pasang

Dalam kehidupan masyarakat Madura, terdapat banyak aturan yang mengikat kaum perempuan dan tidak boleh dilanggar. Jika kemudian ada sebagian dari kaum perempuan yang melanggar aturan atau larangan tersebut, maka dianggap tidak baik.

Bahkan tidak hanya dianggap kurang baik dari segi etika, moral, dan juga tingkah laku. Perempuan Madura yang melanggar aturan adat juga disebut dapat berpengaruh terhadap persoalan jodoh nanti.

Perempuan Madura yang melanggar aturan adat, konon katanya ia akan sulit bahkan lama untuk bertemu jodohnya. Memang terkadang aturan itu bisa diterima oleh akal, ada pula yang tidak.

Baca Juga: 3 Alat Musik Tradisional di Madura Ini Tetap Populer

Nah, agar tidak penasaran aturan seperti apa yang tidak boleh dilanggar oleh perempuan Madura, Mimin akan kasih tahu agar para perempuan Madura bisa berhati-hati jangan sampai melanggar jika tidak ingin hidupnya terus-terusan ngejomblo.

1. Perempuan Madura tidak boleh makan di jalan atau di pinggir jalan. Jika itu dilakukan maka dikhawatirkan akan sulit bertemu jodoh. Seorang perempuan yang suka makan tidak pandang tempat, dia dianggap boros dan tidak tahu malu. Laki-laki sulit untuk jatuh hati pada dia.

2. Perempuan Madura tidak boleh duduk apalagi nongkrong di pinggir jalan. Perempuan atau gadis Madura yang suka seperti itu juga dianggap tidak tahu malu.

3. Perempuan Madura tidak boleh duduk di pintu karena dianggap menghalangi orang yang akan mau lewat. Selain itu, masyarakat Madura juga menyebutkan gadis yang duduk di pintu dikhawatirkan orang yang akan melamar akan membatalkan.

4. Perempuan Madura tidak boleh makan pisang bagian pinggirnya karena dikhawatirkan akan sangkal. Sangkal menurut keyakinan orang Madura yaitu sulit bertemu jodoh.

5. Perempuan Madura tidak boleh memakai sarung terbalik karena menggunakan sarung terbaik dianggap sudah kebelet nikah. Meski si perempuan sudah memiliki calon, tetap saja cara-cara seperti dianggap kurang baik.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *