Pasang

Lapas Kelas IIA Pamekasan Gandeng Damkar, Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran

  • Bagikan
BERLANGSUNG: Simulasi penanggulangan kebakaran di Lapas Kelas IIA Pamekasan bekerjasama dengan Damkar (Ainur Rizky - Sinergi Pamekasan)

PAMEKASAN, SINERGI MADURALapas Kelas IIA Pamekasan bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) mengadakan kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran, Kamis (30/9/2021).

Dalam giat ini, para peserta mendapatkan arahan terlebih dahulu dari Kepala Lapas Kelas IIA Pamekasan, M. Hanafi dan Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Pamekasan.

Pasang

Kemudian seluruh peserta berkumpul di halaman depan Lapas Kelas IIA Pamekasan untuk diberikan pembekalan dan pengetahuan mengenai alat-alat yang akan digunakan untuk memadamkan kebakaran atau APAR.

Setelah menerima pembekalan, para petugas mempraktekkan secara langsung bagaimana cara memadamkan api menggunakan APAR atau alat-alat sederhana lainnya seperti kain basah untuk memadamkan api.

Baca Juga: Cek Langsung! Kakanwil Kemenkumham Jatim Pastikan Lapas Klas IIA Pamekasan Terbebas dari Zero Halinar

Hal ini dilakukan, agar para petugas tidak ragu dan cepat untuk menggunakan alat tersebut saat terjadi kebakaran.

Kalapas Kelas IIA Pamekasan, yang menyaksikan jalannya demontrasi kegiatan ini mengapresiasi peserta karena dianggap cukup mampu saat melaksanakan praktik penanggulangan kebakaran.

Kegiatan selanjutnya adalah simulasi saat terjadi kebakaran di dalam Lapas Kelas IIA Pamekasan. Dimulai dari membunyikan lonceng dengan ritme tertentu untuk menginformasikan jika terjadi peristiwa kebakaran kemudian mengumpulkan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ataupun pegawai di titik kumpul yang dianggap aman sebelum mobil pemadam masuk ke area Lapas.

“Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan para peserta sangat antusias untuk mengikutinya. diharapkan dengan adanya acara ini petugas Lapas bisa melaksanakan deteksi dini mengenai kebakaran dan bisa melaksanakan penanggulangan kebakaran sejak dini untuk pertolongan pertama,” kata Kalapas Kelas IIA Pamekasan, M. Hanafi.


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *