Pasang

Macam-macam Seni Tari di Pulau Madura, Muang Sangkal Paling Terkenal

  • Bagikan
Macam-macam Seni Tari di Pulau Madura, Muang Sangkal Paling Terkenal
Tarian Madura (Foto: Istimewa)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Pulau Madura tidak hanya terkenal dengan beragam kulinernya yang khas, namun juga daerah yang berada di ujung timur laut Provinsi Jawa Timur ini memiliki kesenian tari yang unik dan eksotis.

Berbagai tarian dari daerah Madura yang khas dan memukau mampu menarik minat berbagai turis lokal maupun asing untuk berkunjung ke daerah penghasil garam.

Pasang

Berikut macam-macam tarian daerah Pulau Madura yang khas dikutip Sinergi Madura dari berbagai sumber.

1. Tari Muang Sangkal

Tari Muang Sangkal merupakan salah satu kesenian tari yang populer dan menjadi ikon di Pulau Madura, khususnya Kabupaten Sumenep. Tari Muang Sangkal merupakan tarian yang dilakukan untuk ritual tolak bala’ atau menjauhkan diri dari bahaya.

2. Tarian Rondhing

Tarian Rondhing mempertunjukkan aktivitas baris-berbaris yang dilakukan penjajahan pada zaman dulu. Tarian tersebut juga memiliki sebutan lain, yaitu Tari Baris.

Baca Juga: Asal Usul Tari Muang Sangkal Khas Sumenep Madura

Gerakan pada tarian tersebut menggunakan hetakan-hentakan kaki ke lantai. Tarian ini biasanya dimainkan oleh para penari yang berjumlah enam orang.

3. Tari Geleng Ro’om

Tari Gelang Ro’om adalah menggambarkan perempuan di daerah Madura pada zaman dulu yang sudah gemar memakai gelang. Sebab gelang dianggap sebagai cerminan kelas sosial seseorang dari sejak zaman dulu. Biasnya semakin banyak memakai gelang, maka kelas sosialnya dianggap paling tinggi.

4. Tari Eblas

Tarian Tables mengisahkan tentang para gadis Madura yang feminim, cantik, ceria, lincah, dan luwes. Tari tersebut diciptakan oleh Arif Rofiq pada tahun sekitar 1990 an.

Konsep koreograsi dalam tarian daerah Madura tersebut mengenakan sebuah topeng. Akan tetapi, seiring kemajuan zaman, banyak penari yang menonjolkan wajahnya karena tidak menggunakan topeng.

Selain tarian di atas masih banyak lagi tarian khas Madura yang masih belum dibahas di sini. Tarian yang merupakan khas Madura itu akan diulas pada tulisan berikutnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *