Pasang

Manfaat Daun Kelapa bagi Masyarakat Madura

  • Bagikan
Manfaat Daun Kelapa bagi Masyarakat Madura
Ilustrasi dau kelapa (Foto: liputan6.com)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Bagi orang-orang yang memiliki jiwa seni, pasti selalu memiliki cara yang kreatif untuk menghasilkan sebuah karya seni. Bagi orang-orang seperti ini tidak ada bahan dari alam yang terbuang sia-sia.

Salahsatunya bahan dari alam berupa daun kelapa. Di tangan orang-orang kreatif, daun kelapa memiliki manfaat yang sangat banyak apalagi ketika ada di tangan masyarakat Madura yang memang cenderung kreatif.

Pasang

Bagi orang Madura, daun kelapa baik yang sudah tua atau masih muda ini memiliki manfaat luar biasa dalam kehidupan sehari-hari orang Madura.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara masyarakat Madura dalam memanfaatkan daun kelapa hingga beberapa diantaranya menghasilkan nilai seni:

1. Janur Dianyam Menjadi Ketupat

Bagi masyarakat Madura ketupat merupakan bagian dari hidup mereka yang tidak bisa dipisahkan. Orang Madura dalam membuat ketupat umumnya menggunakan daun kelapa yang masih muda.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Peringatan 40, 100, dan 1000 Hari Meninggalnya Orang Madura

Di Madura, ketupat akan banyak ditemui pada lebaran ketupat (H+7 hari raya idul fitri). Mereka bersama-sama membuat rangka ketupat untuk dimasak sendiri atau untuk dijual. Bagi masyarakat Madura bisa membuat kerangka ketupat itu hukumnya wajib.

2. Mengayam Daun Kelapa Tua Menjadi Kidhang

Oleh masyarakat Madura, kidhang biasanya digunakan sebagai atap rumah atau kandang non-permanen sebagai pelindung dari panas.

Kidhang ini terbuat dari daun kelapa yang sudah tua bahkan sudah menguning kemudian dianyam. Pengguna kidhang dari daun kelapa tua ini tidak permanen karena daun kelapa lebih mudah rusak bila sering terkena air dan panas.

Baca Juga: Mitos atau Fakta: Masyarakat Pulau Gili Labak Sumenep Madura Tidak Bisa Pelihara Kambing dan Sapi

3. Sebagai pakan ternak sapi atau kambing

Masyarakat Madura akan mengalami kesulitan mencari pakan untuk ternak mereka seperti sapi dan kambing apabila datang musim kemarau.

Sebagai solusinya, agar ternak mereka tetap bisa makan untuk bertahan hidup maka akan diberi makan daun kelapa. Sebelum diberikan kepada sapi atau kambing, daun kelapa terlebih dahulu diraus disisihkan dari lidinya.

4. Daun Kelapa Kering untuk Menyulut Api

Daun kelapa yang sudah kering oleh orang Madura disebut ‘Klareh’. Klareh ini oleh orang Madura digunakan untuk bahan menyulut api di tungku atau tomang untuk keperluan memasak.

Masyarakat Madura menyebutnya dengan istilah parodibhan. Karena terbuat dari daun kelapa yang sudah kering, maka parodhiban lebih mudah cepat terbakar tetapi tidak mudah cepat habis dilalap api jika dibandingkan dengan daun pisang kering.

 

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *