Pasang

Manfaat Tidur di Pasir, Tradisi Warga Legung Timur Sumenep Madura

  • Bagikan
Manfaat Tidur di Pasir, Tradisi Warga Legung Timur Sumenep Madura
Kasur pasir di Legung Timur, Batang-batang, Sumenep Madura (SC.YT/Dodohawe Show)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Kabupaten Sumenep, Madura, memiliki tradisi unik dan menarik perhatian masyarakat luar daerah.

Tradisi ini adalah rumah pasir atau kampung pasir yang telah menjadi ikon bagi warga di Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang.

Pasang

Sebenarnya mereka bukan tidak mampu membeli kasur empuk sebagaimana yang digunakan masyarakat pada umumnya. Namun, desa ini mewajibkan warganya untuk menyediakan area tumpukan pasir di rumahnya, terlebih sebagai tempat tidur.

Tujuannya adalah untuk melestarikan rumah berpasir agar tetap ada. Sekalipun di rumah mereka ada kasur biasa, akan tetapi mereka nyaris tidak pernah mengunakannya atau menidurinya.

Tradisi rumah berpasir masih eksis hingga kini. Sebagian besar rumah di Desa Legung memiliki area pasir. Tua muda mereka sudah terbiasa dengan adanya tradisi ini.

Baca Juga: Legenda Bindara Saod dan Ratu Perempuan Pertama di Kerajaan Sumenep Madura

Bahkan rerata bayi di desa ini dilahirkan di atas tumpukan pasir yang ada di dalam rumah. Mereka lahir, tumbuh berkembang, bermain, hingga dewasa di atas pasir yang telah menjadi tradisi sejak lama.

Pasir yang digunakan sebagai kasur ini teksturnya lembut, bersih dan mengkilat. Sehingga tidak terlalu menempel pada bagian tubuh. Mereka menganggap pasir ini punya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip Sinergi Madura dari berbagai sumber, ada satu manfaat dari pasir terhadap tubuh yang telah diakui secara umum.

Pasir diklaim sebagai eksofoliator alami, tekstur butiran super halusnya dipercaya masyarakat mampu membantu mengelupas kulit secara otomatis.

Tidur di atas pasir dengan kesehatan lebih dikaitkan kepada kondisi tubuh yang jauh lebih rileks atau santai. Karena kasur pasir sangat baik bagi peregangan tubuh.

Selanjutnya, dapat memberi kehangatan bagi tubuh ketika cuaca sedang dingin, begitupun sebaliknya, jika cuaca panas maka kasur pasir akan terasa lebih dingin.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *