Pasang

Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Mengurangi Penuaan Kulit

  • Bagikan
Ilustrasi Timun
Ilustrasi mentimun. (Foto: pixabay.com)

LIFESTILE, SINERGI MADURA – Mentimun atau timun termasuk sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat. Salah satunya, dijadikan makanan lalapan dan campuran sayuran rujak, khususnya rujak khas Madura.

Selain dimasak, timun bisa dimakan langsung dan mengandung banyak air. Nutrisi didalamnya mencegah dehidrasi dan cocok dimakan ketika cuaca panas.

Pasang

Timun adalah kelompok tanaman Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, pare, dan melon. Buah yang satu ini banyak ditemukan di setiap daerah Indonesia dan di pasar tradisional.

Buah dengan bentuk bulat lonjong ini mengandung nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, rendah kalori, natrium dan rendah lemak. Manfaat timun bisa untuk kesehatan, perawatan kulit, sampai jantung.

Dirangkum Sinergi Madura dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Minum Jus Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

1. Timun baik untuk kesehatan jantung

Timun mengandung serat untuk mencegah kardiovaskular (sakit jantung). Serat membantu mengelola kolesterol dan mencegah kardiovaskular.

Kandungan magnesium dan potasium dalam timun, baik untuk kesehatan jantung. Kandungan asupan natrium bisa meningkatkan asupan kalium untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Selain itu, mengonsumsi timun bisa mencegah menumpuknya lemak dan zat lain di dinding arteri. Penumpukan lemak bisa menghambat aliran darah yang masuk kedalam jantung.

Baca Juga: Bunda, Ajarkan Anak 5 Kebiasaan Baik sebelum Tidur

2. Mencegah diabetes

Timun membantu menurunkan gula darah, sampai menghentikan glukosa darah yang naik terlalu tinggi. Kulit mentimun mengandung antioksidan. Konsumsi sayuran ini bisa mengatur pelepasan insulin, metabolisme glikogen hati ketika pemrosesan gula darah.

3. Anti-inflamasi

Timun memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan ini berfungsi mencegah peradangan dan menambah sistem kekebalan tubuh. Para ahli percaya kandungan anti-inflamasi ini mencegah penyakit jantung, diabetes, autoimun, depresi, sampai kanker.

4. Melancarkan Pencernaan

Kalori dari serat mentimun membantu meningkatkan kesehatan usus. Rutin makan mentimun bisa melancarkan buang air besar. Kandungan air dalam timun bisa mencegah makan berlebih dan membuat cepat kenyang.

5. Mencegah dehidrasi

Timun membawa nutrisi yang baik untuk mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. Timun juga menambah asupan cairan dalam tubuh. Makan timun bisa mencegah dehidrasi (suatu kondisi jika tubuh kehilangan banyak cairan).

6. Mengurangi berat badan

Timun menjadi sayuran rekomendasi untuk menu diet. Jika anda ingin menurunkan berat badan, selain olahraga membutuhkan makanan bergizi. Timun menjadi sayuran tambahan selain biji-bijian, lemak sehat, dan protein tanpa lemak. Kandungan makanan tersebut membuat kenyang dan menjadi sumber energi.

7. Memperkuat tulang

Timun mengandung kalsium untuk nutrisi tulang sehat dan kuat. Vitamin K juga membantu membekukan darah.

8. Mengurangi penuaan kulit

Kandungan antioksidan dalam timun bisa mencegah penuaan kulit. Vitamin C dan asam Folat dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sementara asam folat mengurangi racun yang mengendap dalam kulit. Komponen ini bisa membuat kulit lebih kencang dan sehat.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *