Pasang

Masuk Musim Hujan, Beberapa Wilayah di Sampang Madura Berpotensi Banjir

  • Bagikan
BERMASKER: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Asroni, saat memberikan keterangan (Dok. Sinergi Madura)

SAMPANG, SINERGI MADURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur memperkirakan selama masuk musim hujan beberapa daerah berpotensi alami banjir.

Dari data yang dihimpun, sedikitnya terdapat 11 daerah yang akan mengalami banjir tahunan.

Pasang

“Di tahun ini ada 11 wilayah di Sampang akan mengalami potensi banjir,” terang Kepala Pelaksana BPBD Sampang, Asroni, Minggu (31/10/2021).

Dia menyebut, 11 wilayah yang terdampak banjir diantaranya berada di 4 kelurahan yaitu, Kelurahan Dalpenang, Rongtengah, Gunung Sekar, dan Karang Dalam.

Sedangkan 7 desa yang dipetakan rawan banjir, meliputi Desa Pangelen, Banyumas, Tanggumong, Kamuning, Pasean, Panggung, dan Gunung Maddah.

“Dari beberapa wilayah tersebut, yang berpotensi banjir paling parah berada di Kelurahan Rongtengah, karena luapan air Kali Kemuning paling tinggi di daerah tersebut,” sebutnya.

Lebih lanjut kata Asroni menjabarkan, berdasarkan prediksi dari BMKG ada beberapa daerah di Provinsi Jawa Timur dilanda fenomena La Nina, termasuk wilayah Kabupaten Sampang.

Baca Juga: RSUD Moh. Zyn Sampang Madura Berikan Akte Kelahiran dan KIA Gratis untuk Bayi

“Sesuai prediksi BMKG musim penghujan di Sampang diprediksi akan terjadi pada November 2021 ini dengan intensitas curah hujan meningkat 20 persen sampai 70 persen,” bebernya.

Meski demikian masyarakat tidak perlu panik menanggapi hal tersebut. Sebab, banjir tahun ini diprediksi tidak akan separah beberapa tahun sebelumnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mengoptimalkan normalisasi sungai dan pompa pengendali banjir.

“Untuk kondisi pompa pengendali banjir kondisinya normal sehingga akan berfungsi secara optimal dan dapat meminimalisir ketika ada banjir,” tandasnya.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *