Pasang

Matangkan Perencanaan KIHT, Pemkab Pamekasan Madura Lakukan Stula ke Kudus

  • Bagikan
Matangkan-Perencanaan-KIHT,-Pemkab-Pamekasan-Madura-Lakukan-Stula-ke-Kudus
AKRAB: Bupati Pamekasan Madura, Baddrut Tamam saat berdiskusi tentang pembangunan KIHT dengan Bupati Kudus, Jawa Tengah, HM. Hartopo (Dok. Sinergi Madura)

PAMEKASAN, SINERGI MADURAPemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur melakukan Studi Lapang (Stula) ke Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/10/2021).

Stula ini dilakukan untuk mematangkan rencana pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) di Bumi Gerbang Salam, Pamekasan.

Pasang

Dalam kesempatan ini, Bupati Baddrut Tamam ditemani rombongan dari dinas terkait, di antaranya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Achmad Sjaifudin dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Taufikurrahman.

Tiba di lokasi, Bupati beserta rombongan langsung disambut hangat oleh Bupati Kudus, Jawa Tengah, HM. Hartopo dan jajarannya.

Bupati muda yang akrab dipanggil Mas Tamam ini menyampaikan keinginannya untuk menyejahterakan para petani tembakau di Pamekasan Madura.

Baca Juga: Pemkab Pamekasan Madura Teken MoU Kemitraan dengan Kominfo RI

Secara transparan ia mengutarakan maksud kedatangannya bahwa pihaknya ingin belajar lebih jauh bagaimana tatarencana dan pembangunan KIHT yang telah dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus.

“Sebelumnya, Pemkab Pamekasan juga telah melakukan Stula ke Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Hal itu juga dilakukan demi mematangkan konsep dan rencana pembangunan KIHT di Bumi Gerbang Salam,” ungkapnya.

Mas Tamam lebih lanjut mengungkapkan bahwa kabupaten yang dipimpinnya memiliki potensi tembakau yang cukup menjanjikan untuk dikelola lebih baik.

“Potensi itu menjadi harapan kita agar bisa menjadi bagian dari cara untuk mendorong pertambahan nilai dan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuh mantan DPRD Jatim itu.

Sebagaimana diketahui bersama, Pemkab Pamekasan berencana membangun KIHT di Desa Gugul, Kecamatan Tlanakan, Bumi Gerbang Salam, Madura dengan luas area sekitar 2 hektare lebih.

Pembangunan KIHT ini dimaksudkan untuk membantu para produsen rokok lokal di Pamekasan. Tujuannya adalah agar pemerintah setempat dapat terbantu dalam hal peningkatan serapan tenaga kerja dan menekan peredaran rokok ilegal.

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *