Pasang

Musim Hujan, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Genteng Bocor

  • Bagikan
Genteng Bocor
Ilustrasi genteng bocor. (Foto: Bangun-rumah.com)

LIFESTYLE, SINERGI MADURA – Musim hujan bisa menjadi suatu kondisi yang sangat diharapkan kehadirannya bagi jutaan orang, terutama bagi petani agar tanamannya mendapatkan air yang cukup.

Namun, bagi sebagian orang justru sibuk mencari cara mengatasi genteng bocor saat musim hujan. Baik itu rumah sederhana atau rumah mewah jika pemasangan penutup tidak dilakukan dengan benar maka bisa dipastikan akan mengalami hal ini.

Pasang

Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi genteng bocor saat musim hujan?

Berikut ulasan penyebab dan cara mengatasi genteng bocor di saat datang musim hujan, sebagaimana dikutip Sinergi Madura dari berbagai sumber.

Penyebab Genteng Bocor

Sebelumnya kita cari dan analisa terlebih dahulu, apa yang menjadi penyebab genteng bocor saat musim hujan. Sehingga, dari identifikasi masalah tersebut dapat ditemukan cara yang tepat dalam menangani genteng bocor saat musim hujan.

Beberapa kemungkinan yang menyebabkan genteng rumah bocor, antara lain karena sudut kemiringan atap rumah terlalu datar sehingga air tidak dapat mengalir kebawah dengan cepat dan teratur.

Baca Juga: Tips Obati Penyakit Liver Secara Alami

Minimal sudut kemiringan untuk genteng asbes adalah 10 derajat, sedangkan genteng beton atau genteng tanah minimal sudut kemiringan adalah 35 derajat.

Di sisi lain, sudut kemiringan terlalu tegak juga bisa menjadi penyebab genteng bocor saat musim hujan misalnya terjadi genteng lepas, karena ia tidak dapat berdiam pada tempat dudukan rangka atap dengan baik.

Material genteng rusak atau berlubang juga bisa menjadi sebab kebocoran.
Terjadi bencana sehingga merusak konstruksi atap saat musim hujan seperti angin kencang, gempa bumi, banjir dan lain-lain.

Cara Mengatasi Genteng Bocor

Dari beberapa penyebab kebocoran di atas, dapat kita lakukan upaya pencegahan adalah yang bersifat desain atap agar dibuat sekuat dan sebaik mungkin agar tidak terjadi kerusakan.

Selain itu, dalam pemilihan bahan juga perlu dipilih material genteng terbaik sehingga tidak menimbulkan kebocoran dikemudian hari.

Sedangkan, untuk genteng bocor yang disebabkan oleh bencana alam dapat diatasi dengan merawat lingkungan dan bekerjasama dengan alam agar tidak terjadi kerusakan sebagai penyebab bencana.

Misalnya, melakukan upaya penanaman pohon hijau dan pengurangan polusi asap kendaraan bermotor untuk mencegah terjadinya pemanasan global

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *