Membaca Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Berikut ini Sinergi Madura sajikan beberapa kiat bisnis atau ide usaha yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan di masa pandemi. Kiat ini bisa Anda pilih yang paling relevan dengan cara memanfaatkan peluang, bahkan tanpa butuh modal banyak.

Membaca Peluang Bisnis di Masa Pandemi
Ilustrasi ide (Istimewa)

TIPS, SINERGI MADURA - Hampir satu tahun pandemi Covid-19 menerpa dunia termasuk bumi Indonesia. Diterapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga masa new normal menyisakan dampak psikologis yang cukup mencederai semua lini kehidupan masyarakat Tanah Air terutama di bidang pendidikan dan ekonomi.

Tak sedikit mereka yang saat ini kehilangan pekerjaan karena pengurangan karyawan oleh perusahaan kemudian mencari berbagai macam cara untuk menghidupi keluarganya. Bahkan, betapa banyak pengusaha yang 'gulung tikar' karena pendapatan yang tidak sesuai dengan penghasilan lalu menekuni hal-hal remeh asal dapat menyambung hidup.

Namun seiring berjalannya waktu, perekonomian di negeri zamrud khatulistiwa ini dinyatakan semakin meningkat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sejak April hingga Juni 2020 kemarin, hampir 53% responden pendataan mengalami peningkatan pengeluaran dibanding awal pandemi dan masa PSBB.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang mengalami peningkatan pendapatan?

Berikut ini Sinergi Madura sajikan beberapa kiat bisnis atau ide usaha yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan di masa pandemi. Kiat ini bisa Anda pilih yang paling relevan dengan cara memanfaatkan peluang, bahkan tanpa butuh modal banyak.

  1. Online Shop

Bagi Anda yang baru akan memulai usaha onlineshop, usahakanlah menjual apa yang paling sering dibutuhkan masyarakat pada kondisi seperti sekarang. Misal, berjualan masker, obat-obatan, handzanitiser, face shide dan perlengkapan kesehatan lain untuk mencegah diri dari penularan Covid-19. Otomatis, produk yang Anda jual tersebut akan banyak dicari oleh masyarakat, terutama karena di zaman ini kita sudah hidup di era millenial yang telah serba online.

  1. Menjadi Guru Privat

Pemerintah telah menerapkan pembelajaran jarak jauh untuk ajaran 2020/2021, yakni selama pandemi belum berakhir. Tentu ini menjadi kesempatan bagi Anda yang bergerak di segmen pendidikan untuk menjadi guru privat karena tak sedikit orang tua dapat mengawasi dan mendampingi anaknya saat belajar. Tetap mematuhi protokol kesehatan agar calon pelanggan percaya dengan keamanan anda.

  1. Usaha Kuliner

Usaha yang bisa dikerjakan dari dan di rumah salah satunya adalah membuka usaha kuliner. Kondisi yang masih seperti sekarang terkadang membuat orang-orang jarang ke pasar untuk menjaga sosial distancing. Hasil masakan atau kreativitas olahan bisa Anda pasarkan melalui media sosial dan diantarkan dengan cara mempekerjakan kurir.

Sejumlah makanan recommended yang bisa Anda jual antara lain seperti makanan beku (fozen food), kue kering seperti roti untuk sarapan pagi atau makanan sehat lainnya.

Baca Juga: Ingin Punya Payudara Halus dan Kencang, Ini Caranya

  1. Menjadi Freelancer

Kemampuan yang Anda miliki bisa menjadi rupiah jika dimanfaatkan dengan baik. Buka usaha web design, digital marketing atau keahlian di bidang teknologi dan informasi dapat menjadi pilihan terbaik di masa pandemi.

Namun demikian, betapa banyak situs yang menyediakan berbagai macam proyek. Dari itu, Anda harus pintar memilih proyek apa yang dapat menghasilkan uang, dan tentunya hal itu harus sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Yakni, dengan cara membaca sebelumnya, pasar apa yang memungkinkan untuk dapat meraup pundi-pundi rupiah paling efektif.

  1. Content Writer (Bisnis Menulis)

Bagi yang punya hobi menulis, Anda bisa memanfaatkannya dengan menjadi penulis lepas atau content writer di sejumlah media cyber yang saat ini sedang menjamur di dunia maya Google.

Misal, menulis sebuah cerita, baik berupa cerpen, cermin, atau artikel tentang pendidikan, ekonomi, kesehatan, ataulah tulisan tentang traveling dan sebagainya.

Catatan penting sebelum mulai menulis adalah, bagaimana Anda terlebih dahulu menemukan kesukaan dan fokus apa yang hendak Anda tulis. Kumpulkan data pendukung tulisan, perdalam kajian dari sudut pandang yang beragam tapi terfokus, dan yang tak kalah penting dalam hal tulis-menulis di website adalah wawasan tentang Search Engine Optimization (SEO) serta bagaimana cara menerapkan nilai jual yang pantas untuk satu karya yang Anda cipta. (sa/md/fd)


(*)