Pasang

Menang Telak atas Jerman, Spanyol Tantang Italia di Semifinal

  • Bagikan
Para pemain Spanyol merayakan gol ke gawang Jerman (Sumber foto: dok AP/Miguel Morenatti)

SPORT, SINERGI MADURA – Semifinal UEFA Nations League 2020/2021 akan mempertemukan 4 tim terkuat dari fase grup. Mereka antara lain Italia, Spanyol, Prancis dan Belgia. Spanyol akan melakoni laga kontra Italia, pada Kamis (7/10/2021) dini hari.

Bagi Spanyol, laga ini akan menjadi ajang perpaduan antara dendam dan ambisi putus rekor tak terkalahkan Italia.

Pasang

Beda tim, beda masalah serta beda cara untuk lolos ke semifinal UEFA Nations League. Jika pada ulasan sebelumnya kami mengupas perjalanan Italia yang berhasil lolos tanpa sekalipun tersentuh kekalahan, tidak demikian dengan Spanyol. Tim Matador ini malah merasakan satu kali kalah dalam perjalanannya tapi mampu tembus ke babak semifinal.

Sebagai tolok ukur kedua tim, berikut kami rangkum trek record atau perjalanan skuad Spanyol mulai laga perdana hingga masuk semifinal UEFA Nations League 2021.

Laga perdana: raih hasil imbang lawan Jerman

Seperti halnya Italia, Spanyol juga mengawali kiprahnya di fase grup UEFA Nations League 2020/2021 dengan hasil imbang. La Furia Roja harus puas berbagi angka saat melakoni laga melawan Tim Panser, Jerman.

Spanyol sebenarnya sempat tertinggal lebih dulu dari Tim Panser berkat gol Timo Werner. Tampil mengejutkan, Jose Gaya menjadi penyelamat Spanyol dari kekalahan dalam laga yang digelar di Stuttgart, Jerman saat itu. Skor bertahan hingga peluit panjang 1-1.

Laga kedua: menang meyakinkan atas Ukraina

Spanyol meraih kemenangan meyakinkan pada laga kedua lanjutan fase grup UEFA Nations League 2020/2021. La Furia Roja berhasil petik kemenangan 4 – 0 menghadapi Ukraina kala itu.

Sepasang gol Sergio Ramos ditambah Ansu Fati serta Ferran Torres memastikan Spanyol menang telak atas Ukraina. Hasil ini membawa anak asuh Luis Enrique bertengger di puncak klasemen sementara.

Baca Juga: UEFA Nations League 2021: Italia Tatap Semifinal dengan Status Tak Terkalahkan

Laga ketiga dan keempat

Spanyol kembali menang 1-0 atas Swiss lewat gol Mikel Oyarzabal pada laga ketiga. Namun Spanyol harus merasakan pil pahit saat bertandang ke Stadion Olimpiade, Kiev. Spanyol takluk 0-1 dalam lawatannya ke Ukraina. Adalah sebiji gol Tsygankov pada menit ’76, tuntaskan dendam Ukraina.

Laga kelima: imbang kontra Swiss

Kekecewaan pahit setelah kalah dari Ukraina berlanjut. Spanyol hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Swiss pada laga kelima. La Furia Roja hanya berada di peringkat kedua, satu poin di belakang Jerman jelang laga terakhir fase grup.

Laga penentu: menang telak atas Jerman

Rangkaian episode negatif dalam dua laga sebelumnya membuat Spanyol harus menjalani partai hidup mati di laga terakhir. Sialnya, Jerman adalah lawan terakhir yang harus dihadapi oleh Spanyol untuk memastikan diri melangkah ke semifinal.

Namun, keberuntungan menjadi milik Spanyol. Jerman takluk dalam laga yang digelar di Seville. Tak tanggung-tanggung, Spanyol memborbardir der Panser dengan 6 gol tanpa balas.

Bintang Manchester City, Ferran Torres mencetak hattrick dalam pertandingan tersebut. Alvaro Morata, Rodri, dan Mikel Oyarzabal menggenapi kemenangan dengan masing-masing mencetak satu gol.

Kemenangan telak itu tak hanya menyakiti Jerman, tapi juga menggagalkan langkah Jerman ke semifinal UEFA Nations League karena Spanyol, yang sejak awal tampil fluktuatif, malah berhasil mengamankan tiket.

Akankah Dewi Fortuna terus menerangi Spanyol demi ambisi balas dendam pada Italia? Patut ditunggu ya, sobat Sinergi!


(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *