Pasang

Mengenal 10 Kosakata Tubuh Manusia dalam Bahasa Madura

  • Bagikan
Mengenal-10-Kosakata-Tubuh-Manusia-dalam-Bahasa-Madura
Tangan seseorang sedang mengetik di keyboard komputer (Ist/Febrisinergimadura)

BUDAYA, SINERGI MADURA – Di Indonesia terdapat ragam budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Hampir setiap daerah di bumi Zamrud Khatulistiwa ini memiliki bahasa daerah. Tak terkecuali di Pulau Madura.

Pulau Madura sama dengan daerah lain yang pada umumnya memiliki bahasa sendiri. Namun ternyata, Bahasa Madura tidak hanya digunakan olah orang Madura saja.

Pasang

Terdapat daerah yang ternyata cakap berbahasa Madura dalam keseharian mereka. Seperti halnya di daerah tapal kuda di Jawa Timur. Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, Situbondo, Jember, dan Pasuruan.

Bahasa Madura merupakan bahasa yang masuk pada kategori unik. Terdapat tiga tingkatan yang digunakan oleh Masyarakat Madura dalam kehidupan sehari-hari.

Ditambah lagi dengan keberagaman di setiap daerah di Madura. Empat kabupaten di Madura yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan memiliki ciri khas berbeda dalam setiap pengucapan atau dialek.

Bahasa Madura memiliki kosakata yang menarik dan unik. Kosakata yang sedikit agak kasar (enja’-iya) biasa digunakan ketika berbicara dengan teman sebaya dan memiliki artian yang lebih kasar.

Baca Juga: Begini Awal Mula Batik di Pulau Madura Muncul

Sementara kosakata halus (engghi-bhunten) sering digunakan ketika berbicara dengan orang tua, guru, atau orang yang dihormati.

Dilansir dari berbagai sumber, bahasa Madura masuk pada klasifikasi sebagai bahasa daerah terbesar di Indonesia. Keunikan dari Bahasa Madura bisa dilihat dari segi dialektikanya. Akan tetapi keunikan tersebut tidak menyebabkan perubahan makna kata pada setiap pengucapan.

Perbedaan pengucapan tersebut dipengaruhi oleh faktor usia, pendidikan, dan geografis. Bahasa Madura sebagai bahasa sehari-hari bagi Orang Madura perlu terus dibina dan dilestarikan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman modern, Bahasa Madura halus semakin sedikit para penuturnya begitu juga dengan sebutan untuk benda juga mulai hilang nyaris terlupakan.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 kosakata bagian tubuh manusia dalam Bahasa Madura yang bakal Mimin sampaikan kepada Anda:

1. Elong atau Pangambung = Hidung

2. Bibir atau Lathè = Bibir

3. Colo’ atau Lesan = Mulut

4. Le’er atau Ghulu = Leher

5. Kopeng atau Karna = Telinga

6. Soko atau Padha = Kaki

7. Tanang atau Asta = Tangan

8. Obu’ atau Rambhut = Rambut

9. Mata atau Marepat = Mata

10. Cethak atau Sera = Kepala.

Selamat belajar Bahasa Madura, ya!

(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *